PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION (PBI) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS LAPORAN HASIL PENGAMATAN SISWA KELAS XI SMA UISU MEDAN

Nila Safina, Mrs. Rita

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa kelas XI SMA UISU Medan .  Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA yang berjumlah 130 orang dengan jumlah siswa kelas XI IPA-1 adalah 35, XI IPA -2 adalah 35 orang dan XI IPA-3 adalah 30 orang, dan kelas XI IPA-4 adalah 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen Post-test only control group design yaitu eksperimen yang dilaksanakan dengan memberi perlakuan terhadap dua kelompok yang berbeda antara kelas eksperimen dan kelas kontrol, dimana yang diambil hanya hasil post-test saja.  Hasil penelitian menunjukan bahwa, nilai rata-rata kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa di kelas eksperimen adalah 77,50, sedangkan nilai rata-rata siswa di kelas kontrol  adalah 69,16.  Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan  uji “t”. Dari perhitungan uji “t”  to dikonsultasikan dengan ttabel pada taraf 5% dengan dk= (N1+N2)-2 = (30+30)-2 = 58, maka diperoleh ttabel pada taraf singnifikan 5% = 2,01. Setelah dikonsultasikan, ternyata t0 (3,64) yang diperoleh lebih besar dari ttabel yaitu 3,64 > 2,01. Karena t0 yang diperoleh lebih besar dari ttabel, maka dapat dinyatakan Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) berpengaruh positif terhadap kemampuan menulis laporan hasil pengamatan siswa kelas XI SMA UISU Medan . Dengan demikian, hasil pembelajaran menulis laporan hasil pengamatan dengan model Problem Based Instruction (PBI) lebih baik dari pada model pembelajaran Problem Solving.

Kata Kunci : Model Problem Based Instruction (PBI) Kemampuan

                       Menulis Laporan Hasil Pengamatan

Abstract. This study aims to determine the effect of learning model Problem Based Instruction (PBI) on the ability to write reports observations of high school students of class XI Prayatna Medan Learning Year 2015/2016.  The study population was all students of class XI IPA which amounts to 130 the number of students of class XI-1 is 35, XI -2 is 35 and XI-3 is 30, and the class XI-4 is 30 people. The method used in this study is the experimental method Post-test only control group design is an experiment carried out by giving the treatment of two different groups between the experimental class and control class, which is taken only post-test results only. The results showed that, the average value of the ability to write reports on observations of students in the experimental class is 77.50, while the average value of students in the control class is 69.16. Thus the value of the experimental class is higher than the control class, hypothesis testing is done by using the test "t". Of test calculations "t" to consult with table at 5% by dk = (N1 + N2) -2 = (30 + 30) -2 = 58, then obtained table at level singnifikan 5% = 2.01. After consultation, it turns t0 (3.64) which is greater than that table 3.64> 2.01. Because t0 obtained greater than table, it can be stated that Ho refused and Ha accepted. This proves that the learning model Problem Based Instruction (PBI) has positive influence on the ability to write reports observations of high school students of class XI  UISU Medan learning year 2018/2019. Thus, the results of learning to write reports on the results of observations with the model Problem Based Instruction (PBI) is better than Problem Solving learning model.

 

Keywords: Effects of Problem Based Learning Model of Instruction (PBI) Writing Ability To report Observations Student Class XI SMA UISU Medan

Full Text:

PDF

References


Arends, Richard I. 2008. Learning To Teach Belajar untuk Mengajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Dalman. 2014. Keterampilan Menulis. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Depdiknas. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka

Engkos, Kosasih. 2006. Cerdas Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

FKIP UISU. 2014. Panduan Penulisan Skripsi FKIP UISU Medan: FKIP UISU

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: Andi

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Istarani. 2012. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Keraf, Gorys. 1994. Komposisi: Sebuah Pengantar Kemahiran Bahasa. Ende: Nusa Indah

Lisnasari SF dan Khairani SK. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Medan: Percetakan Unimed

Mufrukhi, dkk. 2007. Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga

Siregar,Eveline dan Hartini Nara. 2010. Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia

Soeseno, Slamet. 1995. Teknik Penulisan Ilmiah Populer. Jakarta: PT Gramedia

Sudjana. 2011. Metoda Statistika. Bandung : PT Tarsito Bandung

Tarigan, H G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Percetakan Angkasa

Widyamartaya, Al dan Sudiati Veronica. 1997. Dasar-Dasar Menulis Karya Ilmiah. Jakarta: Grasindo




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1734

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.