PENGARUH METODE PEMBELAJARAN HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PANTUN OLEH SISWA KELAS XI SMK PAB 6 MEDAN ESTATE

Mr. Amaluddin

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada atau tidaknya pengaruh yang signifikan  antara kemampuan menulis pantun dengan menggunakan metode Hypnoteaching. populasi dalam penelitian ini adalah kelas XI Akutansi yang terdiri dari 1 kelas dengan jumlah siswa 32 orang yang sekaligus menjadi sampel dalam penelitian ini. Sampe diberikan perlakukan dengan model pembelajaran Hypnoteaching. Instrument penelitian yang diberikan kepada siswa berbentuk test pilihan berganda ( multiple choice) sebanyak 25 soal dan 4 pilihan jawaban yang telah melalui uji validitas test, tingkat kesukaran tes dan daya beda tes. Hasil penelitian membuktikan bahwa metode Hypnoteaching dapat  meningkatkan kemampuan menulis pantun. Diperoleh nilai rata-rata hasil belajar pada pre test 67,75 dengan standart deviasi 9,79 dan nilai rata-rata post test yaitu 79,38 dengan standart deviasi 7,42. Hasil analisis data membuktikan bahwa data distribusi normal dan homogen. Hasil pengujian hipotesis diperoleh thitung>ttabel yaitu 15,135>1,697 dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya pengaruh yang signifikan, dengan demikian metode pembelajaran Hypnoteaching mempengaruhi kemampuan menulis pantun siswa kelas XI TKR SMK PAB 6 Medan Estate.

Kata Kunci : Pengaruh, kemampuan menulis pantun, Metode

                       Pembelajaran Hypnoteaching

Abstract.This study aims to describe the presence or absence of a significant influence between the ability to write rhymes by using the Hypnoteaching method. the population in this study was class XI Accounting which consisted of 1 class with 32 students who were also sampled in this study. The samples were treated with the Hypnoteaching learning model. The research instrument given to students was in the form of multiple choice tests (multiple choice) of 25 questions and 4 answer choices that had passed the test of the validity of the test, the level of difficulty of the test and the power of the different tests. The results prove that the Hypnoteaching method can improve the ability to write rhymes. Obtained the average value of learning outcomes in the pre test 67.75 with a standard deviation of 9.79 and an average post test score of 79.38 with a standard deviation of 7.42. The results of data analysis prove that the data distribution is normal and homogeneous. Hypothesis testing results obtained tcount> ttable ie 15.135> 1.697 thus Ho is rejected and Ha is accepted. From these results it can be seen that there is a significant influence, thus the Hypnoteaching learning method affects the ability to write rhymes in class XI TKR SMK PAB 6.

Keywords: Influence, poetry writing ability, Hypnoteaching Learning

                  Method

Full Text:

PDF

References


Abi, Tofani Nugroho.G.S 2008 Sari Kata Bahasa Indonesia Lengkap.Cetakan kartika Surabaya : kartika off set.

Arikunto, 2010. Prosedur penelitian. Edisi revisi V1.Cetakan ketiga belas.jakarta: PT Rineka Cipta.

¬¬________2012.Dasar-dasar Evaluasi pendidikan.Edisi kedua.jakarta : PT Bumi Aksara.

Bahri, Syaiful. 2006.Strategi Belajar Mengajar .Edisi Revisi.cetakan ketiga.Jakarta : PT Rineka Cipta.

Dimyati,Mudjono. 2006. Belajar dan Pembelajaran.Edisi Ketiga.Medan: media persada

Depdiknas. 2006. pedoman pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan.jakarta: Depdiknas

Keref,Gorys. 2012 Diksi dan Gaya Bahasa.Edisi yang Diperbaharui,Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama.

Kemendikbud. 2013. kurikulum 2013,komptensi dasar sekolah mengeah atas ( SMA) dan madrasah aliyah (MA).jakarta : kementerian pendidikan dan kebudayaan.

Kamus besar Bahasa Indonesia.( 2005: 740), disi ketiga pengertian pengaruh Jakarta :Gramedia Pustaka utama

Mulyasa, 2007 Kurikulum Tingkat SatuanPendidikan PT Remaja Rosdakarya

Setyosari Punaji, 2013.Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ketiga.jakarta : PT Fajar Interpratama Mandiri.

S.A.Nadjua,Buku Pintar Berpuisi dan Berpantun.surabaya :Triana Media.

Syair Ibnu,( 2011:75) seni dalam mengeplorasikan otakseni ajar Jogjakarta:Arruzz media

Sudijono,2009.Pengantar Statistik Pendidikan.jakarta : PT Raja Grafindo persada.

Sugiyono.2009. Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif dan R&D.bandung Alfabeta

Suparlan ,2005 pengembangan profesi guru. Jakarta : PT Bumi aksara

Suparno,dan Yunus,moh.2009.Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta:Universitas Terbuka

Tarigan,Hanry Guntur.1996.Menulis sebagai suatu Keterampilan berbahasa. Bandung : Angkasa

Yustisia. N.Hypnoteaching 2012 ( seni ajar mengeksplorasi otak peserta didik ).Jogjakarta : Ar-Ruzz Media.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.