UPAYA PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI METODE OLEH PLAYING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS DI KELAS IX SMP NEGERI 2 TANAH PINEM

Herryati Manullang

Abstract


Abstrak. Penelitian Ini Merupakan Penelitian Tindakan Kelas Tahap Penelitian Meliputi Perencanaan,Pelaksanaan,Hasil Tindakan, Replesi, dan Peningkatan Keteramplan Berbicara.Keterbatasan Meliputi Membagi Kelompok Dalam Penelitian Ini Yaitu Peserta Didik Berasal Dari Klompok Tinggi,Sedang,Dan Rendah Walaupun Demikian Tindakan Tetap Dilaksanakan Pada Semua Peserta Didik Yang Ada Di Kelas Ix Smp Negeri 2 Tanah Pinem.Data Dalam Penelitian Ini Merupakan Keterampilan Berbicara Peserta Didik Pada Aspek Intonasi,Kata Bahasa,Kelancaran,Pemahaman Terhadap Isi Pembicaraan,Penguasaan Kosakata,Kesesuaian Cerita Yang Di Sampaikan Dengan Dialog Yang Di Perankan Dan Penyimpanan Informasi.Data Penelitian Ini Diperoleh Dari Hasil Pengamatan Catatan Lapangan,Dan Dokumentasi.Hasil Penelitian Ini Menunjukkan Bahwa Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris Pada Sebuah Kelompok Meningkatkan Setelah Tindakan Pembelajaran Dengan Menggunakan Kosa-Kata Thing Around The Students Melalui Metode Roli Playing Dari Siklus Satu Kesiklus Dua.Berdasarkan Temuan Hasil Penelitian Dapat Di Tarik Kesimpulan Sebagai Berikut : (1).Telah Terjadi Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Di Kelas Ix Smp Negeri 2 Tanah Pinem,Hal Ini Di Buktikan Dengan Peningkatan Nilai Dari 66,67 Pada Siklus Satu Menjadi Nilai 76,42 Pada Siklus Ii (2).Telah Menjadi Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Penerapan Metode Roli Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas Ix Smp Negeri 2 Tanah Pinem . Hal Ini Dibuktikan Rata-Rata Aktivitas Belajar Siswa Dalam Aspek Kerja Sama Meningkat Dari 16,92 Pada Siklus I Menjadi 18,9 Pada Siklus Ii; Dalam Aspek Kesungguhan Meningkatnya Dari 16,02 Pada Siklus I Menjadi 19 Pada Siklus Ii;Dalam Aspek Keberanian Meningkat Dari 17,42 Pada Siklus I Menjadi 18,5 Pada Siklus Ii;Dalam Aspek Perhatian Meningkat Dari 16,3 Pada Siklus 1 Menjadi 19,8 Siklus Ii.Guru Disarankan Untuk Menggunakan Metode Role Playing Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Meningkatkan Berbicara Peserta Didik Dengan Kompetensi Atau Tema-Tema Yang Lain,Dan Tentunya Di Sesuaikan Dengan Situasi Dan Linkungan Sekolah Masing-Masing.

Kata Kunci: Keterampilan Berbicara Bahasa Inggris, Kosakata Things

                       Around he Students, Metode Role Playing.

 

Abstract. This Research Is A Class Action Research The Research Phase Covers Planning, Implementation, Action Results, Repetition, and Improvement of Speaking Skill. Students in Class Ix Smp Negeri 2 Tanah Pinem.Data in this research represent the students' speaking skills in the aspects of intonation, language words, fluency, understanding of the contents of the conversation, mastery of vocabulary, suitability of the story conveyed with dialogue played and storage Information. This Research Data Is Obtained From Observation Results Of Field Notes, And Documentation. The Results Of This Research Show That English Language Speaking Skills In A Group Improves After Learning Actions Using The Thing Around The Students Vocabulary Through The Roli Playing Method Of One Cycle iklus Dua.Based on the Findings of Research Results Can Be Withheld Conclusions As Follows: (1) .Has An Improved Student Achievement Learning With The Application Of Role Playing Method In Learning English In Class Ix Junior High School 2 Tanah Pinem, This Is Proven By Increasing The Value Of 66.67 In Cycle One Becomes A Value Of 76.42 In Cycle Ii (2). Has Become An Increase In Student Learning Activities By Implementing Roli Playing Method In Learning English Class Ix Junior High School 2 Tanah Pinem. This Is Proven The Average Student Learning Activities In The Aspects Of Cooperation Increased From 16.92 In Cycle I To 18.9 In Cycle Ii; In the Aspect of Seriousness Increased from 16.02 in Cycle I to 19 in Cycle Ii; In the Aspect of Courage it Increased from 17.42 in Cycle I to 18.5 in Cycle Ii; In the Aspect of Caution it Increased from 16.3 in Cycle 1 to 19, 8 Cycle Ii.Teacher It Is Recommended To Use Role Playing Method In Learning English To Improve Speakers' Speaking With Competencies Or Other Themes, And Of Course Be Adjusted To The Situation And Environment Of Each School.

Keywords: English Speaking Skills, Vocabulary Things Around he Students, Role Playing Method.


Full Text:

PDF

References


Arsyad Azhar, Prof, Dr. M.A. (2002) Metode Role Playing Jakarta : P.T. Raya Graflndo Persada.

Abdulhalim Ibrahim.(1962) Almuwajjih Alfaunig Rimudarri siy Elugat Al Arabiyyah. Cairo : Daarul maarif.

Bahri, Djamarah Syaiful, Zain Aswan (2006). Strategi Belajar Mengajar (Cet. Ke-3).

Oemar Hamalik. (1994) Media Pendidikan (cetakan ke –7), Bandung :Penerbit PT, Citra Aditya Bakti.

Suharsimi Arikunto, Suhanono, Supandi (2008) Penelitian Tindakan kelas (cetakan ke - 7), http://www.infodiknas.com/207-pengaruh-bermain-peran-role-playing-dalammeningkatkan-pembelajaran-bahasa-Inggris/ diakses tanggal 12 januari 2012




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.1750

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.