PEMEROLEHAN BAHASA PERTAMA PADA ANAK USIA 0-3 TAHUN (TINJAUAN PSIKOLINGUISTIK)

Rerin Maulinda

Abstract


Abstrak. Setiap individu dianugrahi kemampuan berbahasa. Bahasa tersebut diperoleh, diwarisi dan ditumbuhkembangkan dari waktu ke waktu. Setiap manusia menggunakan bahasa sebagai alat komunikasi dan alat untuk berinteraksi antara sesamanya. Pemerolehan bahasa pertama adalah proses penguasaan bahasa pertama oleh si anak. Selama penguasaan bahasa pertama ini, terdapat dua proses yang terlibat, yaitu proses kompetensi dan proses performansi. Kedua proses ini tentu saja diperoleh oleh anak secara tidak sadar. Pada tahap awal perkembangannya manusia mulai masuk dalam tahap pemerolehan bahasa Ibu atau bahasa pertama yaitu proses pemerolehan bahasa yang pertama kali dikenal manusia, biasanya terjadi anata ibu dan anak, bisa diikuti anggota keluarga yang lainya dan dilakukan secara lisan di lingkungan keluarga secara tidak formal. Pemerolehan bahasa Ibu atau bahasa pertama ini terjadi secara sadar dan alamiah pada tataran keterampilan menyimak dan berbicara. Setelah seseorang memperoleh bahasa pertama dan telah mampu berinteraksi dengan lingkungan sosial di luar keluarga dan kelompoknya. Kebutuhan pemerolehan bahasa muncul karena seseorang memerlukan bahasa baru untuk dapat berkomunikasi dan menyesuaikan diri di lingkungan sosial yang lebih besar, selain itu juga terdapat alasan imigrasi, kebutuhan perdagangan,ilmu pengetahuan dan pendidikan. Istilah bahasa kedua juga digunakan untuk mengambarkan bahasa-bahasa apa saja yang pemerolehanya atau pengusaannya dimulai setelah masa anak-anak awal, termasuk bahasa kedua atau bahasa asing lainnya. Pada umur sekitar 6 minggu, bayi mulai mengeluarkan bunyi-bunyi dalam bentuk teriakan, rengekan, dekur. Bunyi yang dikeluarkan oleh bayi mirip dengan bunyi konsonan atau vokal. Pada tahap celoteh ini, anak sudah menghasilkan vokal dan konsonan yang berbeda seperti frikatif dan nasal. Mereka juga mulai mencampur konsonan dengan vokal. Celotehan dimulai dengan konsonan dan diikuti dengan vokal.

Kata kunci: Pemerolehan Bahasa, Interaksi, Balita, Psikolingusitik

Abstract. Every individual is given language skills. The language is acquired, inherited and developed over time. Every human being uses language as a communication tool and a tool to interact with each other. Obtaining first language is the process of mastering the first language by the child. During the mastery of this first language, there are two processes involved, namely the competency process and the performance process. Both of these processes are of course acquired by the child unconsciously. In the early stages of development, humans begin to enter the stage of acquiring Mother language or the first language, namely the process of language acquisition which was first known to humans, usually occurs between mothers and children, can be followed by other family members and is done verbally in a family environment informally. Obtaining this mother language or first language occurs consciously and naturally at the level of listening and speaking skills. After a person has obtained the first language and has been able to interact with the social environment outside the family and group. The need for language acquisition arises because a person needs a new language to be able to communicate and adjust to a larger social environment, besides that there are also reasons for immigration, trade needs, science and education. The term second language is also used to describe any language whose acquisition or mastery begins after early childhood, including a second language or other foreign language. At around the age of 6 weeks, babies begin to make sounds in the form of screaming, whining, sagging. The sound issued by the baby is similar to the sound of consonants or vowels. At this stage of babble, the child has produced different vowels and consonants such as fricative and nasal. They also began to mix consonants with vowels. Chatter starts with a consonant and is followed by a vowel.

Keywords: Language Acquisition, Interaction, Toddler, Psycholingusitic

Full Text:

PDF

References


Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik: Kajian Teoritik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Moeliono, Anton. 1985. Pengembangan dan Pembinaan Bahasa: Ancangan Alternatif di dalam Perencanaan Bahasa. Jakarta: Djambatan.

Muslich, Masnur dan Suparno. 1988. Bahasa Indonesia: Kedudukan, Fungsi, Pembinaan, dan Pengembangannya. Bandung: Jemmars.

Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 1975. Seminar Politik Bahasa Nasional. Jakarta: Pusat Bahasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa.Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa.Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.2121

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.