PENGARUH METODE IMAGE STREAMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMA IT INDAH MEDAN

Rika Kartika

Abstract


.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Image Streaming terhadap kemampuan menulis cerpen, populasi berjumlah 60 orang yang merupakan siswa kelas XI SMA IT Indah Medan Patumbak, dan di bagi menjadi 2 kelompokyaitukelompokkelaseksperimenberjumlah 30 orang dengan menggunakan metode Image Streaming dan kelas control berjumlah 30 orang dengan menggunaka nmetode Ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode post-test only design group.  Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis cerpen. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 73,5, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 67,66. Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh = 2,44pada taraf signifikan a= 5% dari daftar distribusi t dk 58, maka diperoleh = 2,9. Jika harga dibandingkan dengan harga ternyata > (2,44>2,9), dapat dinyatakan hipotesis nihil ( ) ditolak dan hipotesis alternatif ) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam menulis cerpen lebih berpengaruh dengan menggunakan metode Image Streaming dibandingkan dengan metode EkspositoriKata Kunci: modul, project based learning, cerpen

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Istarani. 2012. 58Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan. Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N BalaiPustaka. Purba, Antilan. 2001. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: USU Press. Sanjaya, Wina. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media. Sihotang, Hutmi Rosnida. 2009.Pengembangan bahan Ajar Bahasa dan Sastra.Medan. Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan-PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta. Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung Sumardjo, Jakob dan Saini, K.M. 1997.Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia. Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis, Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa. Thahar, Harris Effendi. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa. Wenger, Win. 2004. Beyound Teaching and Learning. Memadukan Quantum Teaching dan Learning. (terjemahan). Bandung: Nuansa Akhadiah, dkk.2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa lndotiesia.) Erlangga




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.2379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.