PENGARUH PRODUKSI UJARAN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK :SUATU KAJIAN NEUROPSIKOLINGUISTIK

Rika Kartika

Abstract


Tujuan pembahasan dalam penelitian yang berjudul Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak adalah mendeskripsikan Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak. Jenis   penelitian   ini   menggunakan metode kualitatif dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara.Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak. Hasil pembahasan di dapat adalah pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak sangat berdampak baik terhadap anak dengan mengajarkan langkah-langkah yang dijelaskan maka anak dapat memproduksi ujarannya dengan baik sehingga anak nantinya dapat berbicara dengan lancar dan dapat memahami makna yang diucapkan oleh seseorang tersebut.

 

Kata Kunci: Produksi ujaran, pemerolehan bahasa, neoropsikolingusitik


Full Text:

PDF

References


Arifuddin. 2013. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.

Djardjowidjojo,Soejono.2010. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Louise Cumming. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Soejono Djardjowidjojo. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Louise Cumming. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i2.2424

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.