PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR OLEH SISWA KELAS XI MAN I MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2019/2020

Sri Listiana Izard

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI Mia I di MAN I Medan dengan model problem based learning tahun Pembelajaran 2019/2020.. Penelitian ini dilaksanakan din aekolah MAN I Medan. Subjek penelitianini adalah seluruh siswa kelas XI Mia I di MAN I Medan tahun Pmbelajaran 2019-2020 yang berjumlah 35 orang terdiri dari 1 kelas. Objek penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menulis teks prosedur siswa kelas XI Mia I di MAN I Medan dengan model problem based learning tahun Pembelajaran 2019/2020. Metode penelitian ini mengacu pada bentuk desain bercorak Penelitian Tindakan Kelas (classroom action research). Penelitian PTK dilaksanakan dengan prosedur ; tahap perencanaan,,tahap observasi,,tahap pelaksanaan, dan ,tahap refleksi. Adapun besar peningkatan aktifitas menulis teks prosedu siswa adalah sebesar 2.33% dan peningkatan nilai secara klasikal dari hasil tes hasil belajar I ke  tes hasil belajar II adalah sebesar 27,33 % atau terjadi peningkatan nilai rata – rata hasil belajar sebesar 5,59.

Kata Kunci : Problem Based Learning, Kemampuan Menulis Teks Prosedur


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta.

Djamarah, Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hosnan. 2014. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad ke.21. Jakarta : Ghalia Indonesia.

Priyatni , Endah Try. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono.2013. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Bahastra (Bahasa dan Sastra Indonesia)

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara

Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan

Creative Commons License

 

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.