PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBING-PROMPTING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS NASKAH PIDATO SISWA KELAS IX MTs. MALNU KABUPATEN LEBAK
Abstract
Pengaruh Model Pembelajaran Probing prompting terhadap Kemampuan Menulis Naskah Pidato pada Siswa Kelas IX MTs. Malnu Kabupaten Lebak Rumusan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab pertanyaan yang dikemukakan tentang apakah terdapat pengaruh model pembelajaran Probing prompting terhadap kemampuan menulis naskah pidato pada siswa Kelas IX MTs. Malnu Kabupaten Lebak Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, dengan mengambil siswa Kelas IX MTs. Adapun teknik sampel menggunakan classter random sampling. Hasil undian yang dilakukan terhadap kedua yang ada diperoleh yaitu kelas X-B sebagai kelas eksperimen dan Kelas IX-A sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 22 dan 25 siswa. Berdasarkan data nilai tes kemampuan menulis naskah pidato dengan menggunakan model pembelajaran probing prompting siswa Kelas IX. Hal tersebut ditunjukan bahwa rata-rata kemampuan tersebut adalah 79,5 dengan nilai terendah 65 dan nilai tertinggi 90, memiliki nilai median 80,2 dan modus 81,5. Sedangkan kemampuan menulis naskah pidato dengan menggunakan model ekspositori pada siswa Kelas IX MTs. Malnu Kabupaten Lebak sebagai kelas kontrol cukup. Hal tersebut ditunjukan oleh hasil pengujian hipotesis (Uji t) dengan taraf signifikan 0,05 yaitu thitung 5,00 lebih besar dari ttabel 2,026 maka HO ditolak dan HI diterima.
Full Text:
PDFReferences
Djibran, Fahd. 2008. Writing is Amazing. Yogyakarta: Juxtapose.
Fitiana, Dewi Utami. 2013. Public Speaking Kunci Sukses Bicara di depan Public Teori dan Praktik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Huda, M. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran . Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Mayasari dkk. 2014. Penerapan Teknik Probing Prompting dalam Pembelajaran
Rakhmat, Jalaluddin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remadja Rosdakarya Offset
Retorika Modern. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman, Erman. 2003. Evaluasi Proses dan Hasil Belajar Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.
Surakhmad, Winarno. 2010. Metodelogi Pengajaran Nasional. Jakarta: Gramedia
Syafi’ie, I. 2008. Retorika dalam Menulis. Jakarta: Depdiknas.
Tarigan, H.G. 2004. Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
--------. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Wiyanto, Asul. 2005. Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa
Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo.
Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2461
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id