KORELASI KETERAMPILAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS BERITA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 9 PADANG
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hal sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Ketiga, menganalisis korelasi keterampilan membaca pemahaman teks berita dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif..Dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan rancangan (desain) penelitian korelasional. Jumlah populasi siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang sebanyak 256 orang. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu proposional random sampling, sebesar 25% yaitu 64 siswa. Hasil penelitian ini, Pertama Keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (B) Keterampilan membaca pemahaman teks berita siswa untuk indikator struktur teks baik (B) dengan rata-rata 80,04 . Kedua, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VII SMP Negeri 9 Padang berada pada kualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,50 . Ketiga, terdapat korelasi yang signifikan anatara keterampilan memmbaca pemahaman dengan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 9 Padang pada derajat kebebasan n-1 pada taraf signifikan 95%. Nilai 5,08) lebih besar daripada Nilai (1,67).
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2470
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.