HUBUNGAN METODE PEMBERIAN TUGAS DAN DISKUSI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN KELAS X SMA SWASTA KAMPUS FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN

Restua Hutahaean

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan korelasi metode pemberian tugas dan diskusi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen . Penelitian ini menggunakan metode eksperimen korelasional dengan jumlah populasi sebanyak 114 orang. Sampel penelitian sebanyak 23 orang. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh koefisien korelasi antara X1 terhadap Y adalah 0,61, koefisien korelasi antara X2 terhadap Y adalah 0,57. Koefisien korelasi antara X1 terhadap X2 adalah 0,54, koefisen korelasi antara X1 dan X2 terhadap Y adalah 0,67. Hubungan metode pemberian tugas dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas X SMA Swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen   dikategorikan Tinggi yakni 0,61. Hubungan diskusi belajar dengan prestasi belajar siswa kelas X SMA swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen pada mata pelajaran PKn dikategorikan sedang yakni 0,57. Sementara hubungan antara metode pemberian tugas dan diskusi belajar terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMA Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen mata pelajaran PKn adalah tinggi, yakni 0,67.

Kata Kunci : Metode Pemberian Tugas, Diskusi Belajar, Prestasi Belajar

 

Abstract. This study aims to describe the correlation of the method of giving assignments and learning discussion with student learning achievement in Civics Class X subjects Private High School FKIP Campus HKBP University Nommensen . This study uses a correlational experimental method with a population of 114 people. The research sample of 23 people. Based on the results of the study, obtained a correlation coefficient between X1 to Y is 0.61, the correlation coefficient between X2 to Y is 0.57. The correlation coefficient between X1 to X2 is 0.54, the correlation coefficient between X1 and X2 to Y is 0.67. The relationship between the method of assignment and student achievement in Civics Class X subjects in the Private High School FKIP Campus of HKBP University Nommensen  is categorized as High, 0.61. The relationship of learning discussion with student achievement in class X private high school FKIP University HKBP Nommensen campus on Civics subjects is categorized as moderate namely 0.57. While the relationship between the method of assigning tasks and learning discussion on student achievement in class X SMA FKIP Campus HKNP Nommensen University Civics subjects is high, that is 0.67.

Keywords: Assignment Method, Learning Discussion, Learning Achievement

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta:Rineka Cipta.

Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta:Rineka Cipta

Moh. Uzer Usman. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2010.

Nana Sujana. 2001. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Roestyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta;Bina Akasara

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sudjana, Nana. 2002. Metode Statistika Edisi 5. Bandung:Tartsito

Surakmad, Winarno. 2000. Pengantar Interaksi Cara Belajar dan Teknik-teknik Cara Belajar. Bandung: Tarsito

Usman, Moh. Uzer. 2000. Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2504

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.