HUBUNGAN PENGETAHUAN KOSAKATA DENGAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 PARIAMAN

Atika Gusriani

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang hal berikut. Pertama, pengetahuan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Kedua, keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman.  Ketiga, hubungan antara pengetahuan kosakata dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman tahun ajaran 2010/2011. Populasi berjumlah sebanyak 85 orang dan tersebar dalam tiga kelas. Sampel penelitian ini berjumlah 66 orang. Data penelitian ini berupa hasil tes objektif berbentuk pilihan ganda untuk tes pengetahuan kosakata yang terdiri dari 35 butir soal. Data keterampilan menulis karangan narasi siswa diperoleh dengan melakukan tes unjuk kerja. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis sesuai indikator untuk mendapatkan skor dan nilai siswa.Berdasarkan pengolahan data dan pembahasan yang dilakukan, diperoleh hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, rata-rata tingkat pengetahuan kosakata siswa kelas VII SMA Negeri 6 Pariaman berada pada kualifikasi lebih dari cukup (68,27) pada rentangan 66 – 75 %. Kedua, rata-rata keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman tergolong lebih dari cukup (74,07) pada rentangan 66 – 75 %. Ketiga, terdapat hubungan positif yang signifikan antara pengetahuan kosakata dengan keterampilan menulis karangan narasi siswa kelas VII SMP Negeri 6 Pariaman, diperoleh nilai t hitung sebesar 15,47 lebih besar dari t tabel dengan derajat kebebasan (n-2) dan taraf signifikansi 95% yaitu sebesar 0,89.

Kata kunci: kosa kata, menulis, karangan narasi

Abstract. This study aims to describe the following. First, the vocabulary knowledge of Grade VII students of SMP 6 Pariaman. Secondly, the narrative essay writing skills of Grade VII students of SMP Negeri 6 Pariaman. Third, the relationship between vocabulary knowledge and narrative essay writing skills of Grade VII students of SMP Negeri 6 Pariaman. This type of research is quantitative by using descriptive correlational methods. The population of this research is VII grade students of SMP 6 Pariaman in the 2010/2011 school year. The population is 85 people and is divided into three classes. The sample of this study was 66 people. The data of this study were in the form of objective test results in the form of multiple choice for vocabulary knowledge tests consisting of 35 items. The data of students' narrative essay writing skills is obtained by doing a performance test. The data that has been collected is then analyzed according to indicators to obtain student scores and grades. Based on data processing and discussion carried out, the following research results are obtained. First, the average level of vocabulary knowledge of Grade VII students of SMA 6 Pariaman is more than adequate (68.27) in the range of 66 - 75%. Second, the average narrative essay writing skills of Grade VII students of SMP Negeri 6 Pariaman are classified as more than enough (74.07) in the range of 66 - 75%. Third, there is a significant positive relationship between vocabulary knowledge and narrative essay writing skills of Grade VII students of SMP Negeri 6 Pariaman, obtained a t value of 15.47 greater than t table with degrees of freedom (n-2) and a significance level of 95%, namely amounted to 0.89.

Keywords: vocabulary, writing, narrative essay

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman dan Ellya Ratna. 2003. ”Evaluasi Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. (Buku Ajar)”. Padang: FBSS UNP Padang.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka cipta.

Ermanto dan Emidar. 2010. Bahasa Indonesia Pengembangan Kepribadian di Perguruan Tinggi. Padang: UNP Press.

Keraf, Gorys. 2007. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Keraf, Gorys. 2007. Narasi dan Argumentasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Tarigan, Hendry Guntur. 1993. Pengajaran Kosakata. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendry Guntur. 1993. Prinsip-prinsip Dasar Metode Riset Pengajaran dan Pembelajaran Bahasa. Bandung: Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.2660

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.