KORELASIONAL KARAKTER BERDEMOKRASI DAN HASIL BELAJAR PKN DI SMA NEGERI 2 PEMATANGSIANTAR

Sepriandison Saragih

Abstract


Abstrak. Karakter demokratisasi dikembangkan dengan paradigma baru tentang keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, yang tidak hanya aktif dalam proses pembelajaran, tetapi mereka juga diberi kesempatan untuk menentukan kegiatan belajar yang akan mereka lakukan, bersama dengan guru-guru mereka yang memiliki semua bentuk-bentuk hubungan positif antara persepsi karakter dengan hasil belajar siswa. Prioritas pendidikan karakter yang tertanam pada siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar tercermin dalam proses pembelajaran yang diterapkan oleh guru kewarganegaraan yang sangat mendukung pembentukan karakter demokrasi. Tujuan atau penelitian ini adalah: (1) mendeskripsikan karakter siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (2) untuk mengetahui hasil belajar kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar; dan (3) untuk mengetahui korelasional antara karakter demokrasi dan hasil belajar kewarganegaraan siswa SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode korelasional. Populasi penelitian adalah semua siswa di kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. Jumlah sampel penelitian adalah 60orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) karakter demokrasi kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar cukup baik, dan tinggi, di mana siswa menegakkan karakter demokrasi dengan baik dalam lingkungan sekolah dan masyarakat;(2) hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar cukup baik dengan rata-rata 75,98; dan (3) terdapat korelasional antara karakter demokrasi dan hasil belajar kewarganegaraan siswa kelas X SMA Negeri 2 Pematangsiantar di mana berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh r hitung (0,396)> r tabel (0,148). Jadi, dapat disimpulkan bahwa koefisien korelasional untuk 0,396 adalah signifikan, yang berarti ditemukan hubungan antara variabel X (karakter demokrasi) dan variabel Y (hasil belajar kewarganegaraan).

Kata kunci: Relasi, Karakter Demokrasi, Kewarganegaraan,

                     Hasil Belajar

 

Abstract. The character of democratization was developed with a new paradigm of student involvement in the learning process, which is not only active in the learning process, but they are also given the opportunity to determine the learning activities they will do, together with their teachers who have all forms of positive relations between character perception with student learning outcomes. The priority of character education embedded in SMA Negeri 2 Pematangsiantar is reflected in the learning process implemented by citizenship teachers who strongly support the formation of democratic character. The objectives of this research are: (1) to describe the character of Grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar; (2) to find out the results of citizenship learning at SMA Negeri 2 Pematangsiantar students; and (3) to find out the correlation between the character of democracy and the citizenship learning outcomes of SMA Negeri 2 Pematangsiantar students.

The research method uses a quantitative descriptive approach with the correlational method. The study population was all students in class X SMA Negeri 2 Pematangsiantar. The number of research samples is 60 people. The results of this study indicate that: (1) the democratic character of citizenship in class X of SMA Negeri 2 Pematangsiantar is quite good, and high, where students uphold the democratic character well in the school and community environment; (2) the citizenship learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar were quite good with an average of 75.98; and (3) there is a correlation between the character of democracy and citizenship learning outcomes of grade X students of SMA Negeri 2 Pematangsiantar where based on the results of data processing r counts (0.396)> r tables (0.148). So, it can be concluded that the correlational coefficient for 0.396 is significant, which means that the relationship between variable X (democratic character) and Y variable (citizenship learning outcomes) is found.

Keywords: Relationships, Character of Democracy,

                  Citizenship, Learning Outcomes

Full Text:

PDF

References


Agusyana, Yus, 2011. Olah Data Skripsi dan Penelitian dengan SPSS19.Jakarta : PT Elex Media Komputindo

Arikunto, Suharsimi, 2010. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Departemen Pendidikan Nasional RI, 2003. Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tenteng Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta: Pendidikan Nasional RI

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran Cetakan Ke-3. Jakarta: Rineka Cipta

Elmy, Muhammad. 2006. Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Wahana Pendidikan Demokrasi Tinjauan : Psiko- Pedagogis Pada SMAN 2 Banjarmasin. Skripsi. Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing (I) : Drs. Bedjo, M.Pd, Pembimbing (II) : Drs. Zainul Akhyar.

Elvani, Malkian, 2010, Sikap demokrasi menurut Malkian Elvani [Online]. Tersedia :http://yanel.wetpaint.com

Fitri, Saidah. 2013. Hubungan Tingkat Kedisiplinan Siswa dengan Hasil Belajar PKn di SMA Negeri 8 Banjarmasin.Skripsi.Universitas LambungMangkuratFakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Banjarmasin.Pembimbing : (I) Dra. Rabiatul Adawiyah, M.Si (II) Dian Agus Ruchliyadi,M.Pd

Hartono. 2008. SPSS 16.0 Analisis Data Statistika dan Penelitian. Yogyakarta : PUSTAKAPELAJAR

Hidayat, Syarif dkk.2009. Menakar Demokrasi di Indonesia Indeks Demokrasi Indonesia.Jakarta : United Nations Development Programme, Indonesia

Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas).2011. Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama.Jakarta : Kementerian Pendidikan Nasional. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar. Direktorat Pembinaan Sekolah MenengahPertama.

Kusnadi, Pendidikan Kewarganegaraan sebagai sarana Pembelajaran Demokrasi di Sekolah: Suatu Alternatif Pembelajaran yang Demokratis [Online]. Tersedia :http://www.gudangmateri.com Pendidikan-Kewarganegaraan-sebagai- sarana-Pembelajaran -Demokrasi.docx [25 April2014]

Lickona, Thomas, 2013. Educating for Character.

Jakarta: Bumi Aksara.

Majid Abdul dan Dian Andayani, 2012.Pendidikan Karakter Persfektif Islam.Bandung: PT RemajaRosdakarya

Mardiyanto, Puguh. 2009. Implementasi Nilai-Nilai Demokrasi dalam Mata Pelajaran Pendidikan KewarganegaraanpadaSiswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang. Skripsi Jurusan PKn Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i1.2707

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.