ANALISIS DESKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 03 SIMPENAN

Mr. Riyansyah, Fauziah Suparman, Tanti Agustiani

Abstract


Abstrak. Dalam kurikulum 2013, guru dituntut untuk kreatif dalam melakukan proses pembelajaran yakni dengan cara menggunakan model pembelajaran. Salah satu model pembelajaran tersebut adalah Problem Based Learning. Sejauh ini proses pembelajaran di sekolah masih bergantung pada pernyataan bahwa sebuah pengetahuan merupakan perangkan yang wajib dihafal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perencanaan Pembelajaran Problem Based Learning oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia (2) Pelaksanaan Pembelajaran Problem Based Learning oleh guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 03 Simpenan Kabupaten Sukabumi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu dengan cara wawancara dan dokumentasi. Subjek utama dalam penelitian ini adalah guru mata pelajaran Bahasa Indonesia.Hasil penelitian menunjukan bahwa guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 03 Simpenan selalu membuat perencanaan pembelajaran di awal semester. Proses pembelajaran berjalan dengan baik dan guru sudah memahami pelaksanaan model pembelajaran Problem Based Learning.

Kata Kunci: Perencanaan, Pelaksanaan.

 

Abstract. In the 2013 curriculum, teachers are required to be creative in conducting the learning process by using a learning model. One such learning model is Problem Based Learning. So far the learning process in schools still requires knowledge that is a device that must be memorized. This study aims to study: (1) Planning of Problem Based Learning by Indonesian subject teachers (2) Implementation of Problem Based Learning by Indonesian subject teachers.The research method used in this study is qualitative. This research was conducted at 03 Simpenan State Junior High School, Sukabumi Regency. Data analysis techniques in this research is by interview and documentation. The main subject in this research is the Indonesian subject teacher.The results showed that Indonesian language teachers at SMP Negeri 03 Simpenan always made learning plans at the beginning of the semester. The learning process is going well and the teacher has applied the learning model of Problem Based Learning.

Keywords: Planning, Implementation

Full Text:

PDF

References


Amir, M. Tufik. (2009). Inovasi Pendidikan Melalui Problem Based Learning. Jakarta: Kencana.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya: Kencana

Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatf, R&D. Bandung: Alpabeta.

Sugiono. (2016). Metode Penelitian. Bandung: Alpabeta.

Huda, M. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Noelaka, Amos. (2015). Landasan Pendidikan Dasar Pengenalan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Surabaya: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.2999

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.