PENGARUH PENDEKATAN CLIL DENGAN MEDIA BLOG TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS ARTIKEL ILMIAH SEBAGAI PENGEMBANGAN BAHASA

Siti Ansyoriah

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan CLIL dengan Menggunakan Media Blog Terhadap Keterampilan Menulis Artikel Ilmiah Siswa Kelas XI SMA Negeri 113 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental design atau quasi experiment karena hanya menggunakan kelas eksperimen dalam penelitian. Populasi penelitian yaitu siswa kelas XI  sejumlah 30 siswa. Pengambilan data dengan pretest dan posttest yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis pada kelas eksperimen. Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog dalam menulis artikel ilmiah siswa kelas XI SMAN 113 Jakarta mengalami keberhasilan. Pada kriteria penilaian kesesuaian judul dengan isi didapatkan sejumlah 70 %. Kemudian pada kriteria penilaian struktur teks didapatkan sejumlah 83,33%. Selanjutnya pada kriteria penilaian aspek kebahasaan didapatkan sejumlah 43,33%. Sementara itu, pada kriteria penilaian aspek menulis didapatkan sejumlah 53,33%. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog terhadap keterampilan menulis teks artikel ilmiah memilikipengaruh yang signifikan.

Kata Kunci: pendekatan CLIL, media blog, teks artikel

                      ilmiah, pengembangan bahasa

 

Abstract. The objective of this research is to identify the impact of CLIL aproach using blog as the media to students’ capability in scientific article writing. The subject was eleventh grade students of 113 Senior High School Jakarta. This research applied pre experimental designorquasi experimentas this research only used experiment class in the research. The population of the research was the eleventh gradestudents totaling 30students. Data collection was through pretest and posttest or before and after the treatment. This research applied quantitative analysis by fulfilling research requirement in the experiment classroom. The research showed that CLIL approach succeded in improving students capability in writing scientific article. Regarding title and content conformity there was 70% of the articles have met the criteria.83,33% of the articles have met the criteria of text structure. 43,33% of the articles prepared by the students have met the requirement of language aspects. Furtermore, there are 53,33% of articles prepared have met the writing aspects requirements. It can be concluded that CLIL approach using blog as media has significant impact to the improvement of students’ capability in writitng scietific article.

Keywords: CLIL aproach, blog, scientific article

                    writing, language development.


Full Text:

PDF

References


Arju Muti’ah. Pendekatan CLIL dalam Pembelajarn Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK): Belajar Berbahasa Melalui Materi Peminatan. FKIP Universitas Jember. Jurnal

Bentley Kay. 2016. The TKT (Teaching Knowladge Test) Cource CLIL. Cambridge University Press

Budi, Agus dkk. 2018. Keterampilan Menulis. Surakarta: Muhammadiyah University Press

Bukhari. 2010. Keterampilan Berbahasa (Membaca dan Menulis). Banda Aceh: Yayasan PeNa.

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Depok: PT Raja Grafindo Persada

Darwanti, Uti. . 2018. Ragam Teks Pengetahuan dan Penerapan. Indonesia: Intan Pariwara

Djatmika. 2018. Mengenal Teks dan Cara Pembelajarannya. Yogyakarta: Pusat Pelajar.

Harsiati, Titik dkk. 2017. Bahasa Indonesia Guru 2017. Indonesia: Buku Kita. Hery, Made. Pemanfaatan Blog (Jurnal Online) Dalam Pembelajaran Menulis. Universitas Pendidikan Ganesha

Kosasih & Endang. 2018. Jenis-jenis Teks (Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan). Bandung: Yrama Widya.

Togatorop, Erikson. Efektifitas Penggunaan Blog Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Mahasiswa Di Politeknik Batam. Politeknik Negeri Batam




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.