PENGARUH STRATEGI GO TO YOUR POST (BERGERAK KEARAH YANG DI PILIH) TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS X SMA PRAYATNA MEDAN

Hera Chairunnisa

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh Strategi pembelajaran Go To Your Post Kemampuan Menulis Puisi siswa Kelas X SMA Prayatna Medan. Populasi adalah siswa kelas X yang berjumlah 150 orang yang terdiri atas lima kelas sedangkan sampelnya adalah siswa kelas X yang berjumlah 60 yang terdiri atas dua kelas, dan dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok kelas kontrol siswa kelas X-2 berjumlah 30 orang dan kelompok kelas eksperimen siswa kelas X-4 berjumlah 30 orang . Teknik menentukan sampel adalah Random Sampling. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode post-test only design group.  Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis puisi. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 72,83, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 61,83. Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh = 3,30 pada taraf signifikan α= 5% dari daftar distribusi dk 58, maka diperoleh 12 ttabel "> = 2,002. Jika harga dibandingkan dengan harga 12 ttabel ">  ternyata 12 thitung ">  > 12 ttabel ">  (3,30>2,002), dapat dinyatakan hipotesis nihil ( 12HO "> ) ditolak dan hipotesis alternatif ) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi Go To Your Post dalam menulis puisi lebih berpengaruh dibandingkan dengan strategi pembelajaran Everyone is a teacher here.

Kata Kunci : GoTo Your Post , Kemampuan Menulis Puisi

 

Abstract. This study aims to determine whether there is influence learning strategies Go To Your Post Ability Poetry Writing Class X high school student, SMA Prayatna Medan Terrain. The population is a tenth grade students totaling 150 people consisting of five classes while the sample were students of class X of 60 consisting of two classes, and are divided into two groups: the control class class X-2 were 30 people and groups experimental class X-4 grade students numbered 30 people. Mechanical determine the sample is random sampling. The method used in this study is an experimental method is the method of post-test only design group. The instrument used to collect data which is writing poetry assignment. From the data processing obtained an average grade experiment is 72.83, while the average grade control is 61.83. Thus the value of the experimental class is higher than the control class. After testing the hypothesis obtained = 3.30 significance level Î ± = 5% of the distribution list dk 58, the obtained = 2.002. If the price compared with the price turns out> (3.30> 2.002), be declared null hypothesis ( is rejected and the alternative hypothesis) is accepted. Based on data analysis can be concluded that the use of strategies Go To Your Post in writing poetry is more influential than the learning strategies Everyone is a teacher here.

Keywords: Post Your GoTo, Poetry Writing Ability.

Full Text:

PDF

References


Al- Quran surah Al- Mujadalah.

Arikunto,S.2006. Evaluasi Penelitian. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto,S 2012. Dasar - Dasar Evaluasi, Edisi Dua. Jakarta : Bumi Aksara.

Arikunto,S 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan, Jakarta : Rineka Cipta.

Arikunto,S 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta : Rineka Cipta.

Sudjana, 2002. Metode Statistika, Bamdung : Tarsito.

Sudjono, Anas. 2010. Pengatur Statistik Pendidikan, Jakarta : Rajawali Pers.

Sugiyono, 2011. Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta.

Sugiyono ,2013. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta.

Setyosari, 2013. Metodologi penelitian. Jakarta : Kencana Prenada Group.

Sudjana,2002. Metode Statiska. Bandung : Tarsito.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3045

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.