PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING KARANGAN SISWA KELAS IX SMPN 1 CIMANGGU

Tina Rustina

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan langkah-langkah model kooperatif Think Pair Share dalam pembelajaran menyunting karangan serta hasil menyunting sebelum dan setelah implementasi. Tempat penelitian ini dilakukan di SMPN 1 Cimanggu tahun ajaran 2019/2020. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Prosedur penelitiannya dilakukan dengan tiga tahapan yaitu pelaksanaan tes awal menyunting karangan, penerapan Think Pair Share dan tes akhir menyunting karangan. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan berdasarkan karakteristik dan rekomendasi guru pengampu mata pelajaran bahasa Indonesia. Sampel yang dipilih yaitu siswa kelas IXA. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan Think Pair Share dalam pembelajaran dapat dilakukan dengan tahapan sebagai berikut, yaitu: 1) pendahuluan pembelajaran dengan  penyampaian    tujuan pembelajaran menyunting karangan; 2) pembentukan kelompok belajar; 3) pemberian stimulus menyunting karangan yang difasilitasi oleh guru; 3) mengdeintifikasi permasalahan mengenai proses menyunting karangan; 4) mengumpulkan data dari berbagai sumber mengenai proses menyunting; 4) mengolah data yang diperoleh dengan bimbingan guru melalui penyuntingan karangan; 5) menyampaikan hasil diskusinya, dan 6) menyimpulkan proses menyunting. Adapun hasilnya terdapat kenaikan yang signifikan dari rata-rata tes awal sebesar 68 menjadi 77.

Kata Kunci: Pembelajaran, menyunting, Think Pair Share.

Abstract. This research was conducted to describe the steps of the Think Pair Share cooperative model in learning to write essays and to edit results before and after implementation. The place of this research was conducted at SMPN 1 Cimanggu in the 2019/2020 school year. The research method used is an experimental method. The research procedure is carried out in three stages, namely the implementation of the initial test editing essay, the application of Think Pair Share and the final test editing essay. The sampling technique used was purposive sampling based on the characteristics and recommendations of Indonesian language teaching teachers. The selected sample is IXA grade students. The results of this study indicate that the application of Think Pair Share in learning can be done with the following stages, that is: 1) introduction to learning by delivering learning objectives to edit essays; 2) the formation of study groups; 3) providing stimulus editing essays facilitated by the teacher; 4) identify issues regarding the editing process of the essay; 5) collecting data from various sources regarding the editing process; 6) processing the data obtained with the guidance of the teacher through editing the essay; 5) convey the results of the discussion, and 6) concludes the editing process. As for the results there was a significant increase from the average initial test of 68 to 77.

Keywords: learning, editing, Think Pair Share, editing.


Full Text:

PDF

References


Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2008). Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Presindo.

Arikunto, Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Bandung: Bina Aksara.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Bina Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hamdi, Asep Saepuloh. E. Baharuddin. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Aplikasi dalam Pendidikan. (Yogyakarta:Deepublisher)

Hartono, Bambang. (2010a). Dasar-dasar Penyuntingan. Semarang: UNNES

Hartono, Bambang. (2010b). Pengajaran Mikro. Semarang: Widya Karya.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.