DEKONSTRUKSI DALAM NASKAH DRAMA UMANG-UMANG KARYA ARIFIN C. NOER

Nasrullah La Madi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan tentang dekonstruksi dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer. Terdapat hubungan sinergitas antara dekonstruksi dan karya sastra (drama) dalam naskah drama Uamang-Umang yang mengungkapkan ketimpangan sosial masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan fakta penundaan dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (2) mendeskripsikan fakta jejak dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; (3) mendeskripsikan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer; dan (4) mendeskripsikan temuan keterkaitan fakta penundaan, fakta jejak, dan fakta tanda silang dalam naskah drama Umang-Umang karya Arifin C. Noer.

 

Kata Kunci: Dekonstruksi, Naskah Drama, Penundaan, Jejak, Tanda Silang

Abstract. This research describes deconstruction in drama script of Umang-Umang work Arifin C. Noer. There is a synergy relationship between deconstruktion and literary work (drama) in drama script of Umang-Umang that express social inequality of society. The purpose of this study is (1) describes the fact of differace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (2)  describes the fact of trace in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; (3) describes the fact of sous rature in the drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer; and (4) describes findings of relevance of  fact differance, fact trace, and fact sous rature drama script Umang-Umang work Arifin C. Noer.

 

Keywords: Deconstruction, Drama Script, Differance, Trace, Sous Rature


Full Text:

PDF

References


Amad, Arifin. 2013. Pandangan Hidup Tokoh Utama Naskah Drama Umang-umang Karya Arifin C Noer. Surabaya: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Airlangga Surabaya Volume 15 Nomor 4.

AL-Fayyadi, Muhammad. 2009. DERIDA. Yogyakarta: LkiS.

Asyhadie, Nurddin. 2004. Hampiran Hamparan Gramatologi Derrida. Yogyakarta: LkiS.

Barry, Peter. 2010. Pengantar Komprehensif Teori Sastra dan Budaya: Beginning Theory. Penerjemah. Harviya Widyawati. Yogyakarta: Jalasutra.

Barry, Peter. 2010. Pengantar Komprehensif Teori Sastra dan Budaya (Beginning Theory). Yogyakarya: Jalasutra.

Boggs. Joseph M. 1992. Cara Menilai Sebuah Drama (Diterjemahkan oleh Asrul Sani).Jakarta: Yayasan Citra

Critchley, Simon. 2008. Derrida: The Reader. Dalam Simon Glendinning dan Robert Eglestone (Eds), Derrida ‘s Legacies: Literature and Philosophy. New York. Routledge.

Derrida, Jacques. 1992. Dekonstruksi Moderen. Yogyakarta: Jala Sutra.

_____________. 1976. Of Grammatology, Terjemahan. Gayatri C. Spivak. Baltimore: The Jhon Hopkins University Press.

Davisi, Colin. 2004. Teori dalam Filsafat Fragmentasi. Terjemahan Yuga Hidayat. Yogyakarta: UGM Press.

Dewojati, C. 2010. Drama: Sejarah, Teori, dan Penerapannya. Yogyakarta: Gadjah Mada Universitas Press.

Doyin, Mukh, & Mulyono. 2014. Watak Perilaku Tokoh Jumena Wartawangsa dalam Naskah Drama Sumur Tanpa Dasar Karya Arifin C. Noer. Semarang: Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang, Volume 3 Nomor 1.

Hasan, Fuad. 1988. Berkenalan dengan Filsafat Eksistensialisme. Jakarta: Pustaka Jaya.

Hamzah, A. 1985. Pengantar Bermain Drama. Malang: IKIP Malang.

Hazlitt, Henry. 2006. Dasar-Dasar Dekonstruksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imron, Ali. 2015. Dekonstruksi Kultural Terhadap Feminisme dan Dekonstruksi Feminisme Terhadap Kultur dalam Cerpen Malam Pertama Serang Pendeta. Yogyakarta: Jurnal Transformatika Volume 11, Nomor 2

Lamarque, Peter. 2001. Sastra dan Dinamika Sosial Budaya. Terjemahan. Rehendi Rohidi. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Mulyono, Edi dkk. 2012. Belajar Hemeneutika Dari Konfigurasi filosofis Menuju Praksis Islamic Studies. Yogyakarta: IRCiSod.

Miller, J Hillis. 2001. Derrida and Literature. Dalam Tom Cohen (Ed), Jacques Derrida and The Humanities: A Critical Reader. Cambridge: Cambridge University Press.

Mieke, Bal.1988. Story and Structure. United States Of America: Harcourt, Brace & World, Inc.

Nurgiyantoro, B. 2012. Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarya: UGM Press.

Noer, C Arifin. 2000. Orkes Madun Atawa. Jakarta: Pustaka Firdaus .

Norris, Christhopher. 2016. Membongkar Teori Dekonstruksi Jacques Derrida. Terjemahan Inyiak Ridwan Muzir. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Oktaviantina, Dwi Adek. 2014. Dekonstruksi Budaya Dalam Cerpen Kartini Karya Putu Wijaya. Banten : Jurnal BEBASAN Volume 1, Nomor 2.

Pradopo, Rahmat Djoko. 2002. Kritik Sastra Indonesia Modern. Yogyakarta: Gama Media.

Pujiharto. 2012. Pengantar Teori Fiksi. Yogyakarta: Penerbit Ombak




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3052

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.