PENGARUH PRODUKSI UJARAN TERHADAP PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK :SUATU KAJIAN NEUROPSIKOLINGUISTIK
Abstract
Abstrak. Tujuan pembahasan dalam penelitian yang berjudul Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak adalah mendeskripsikan Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara.Teknik dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data tentang Pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak. Hasil pembahasan di dapat adalah pengaruh produksi ujaran terhadap pemerolehan bahasa pada anak sangat berdampak baik terhadap anak dengan mengajarkan langkah-langkah yang dijelaskan maka anak dapat memproduksi ujarannya dengan baik sehingga anak nantinya dapat berbicara dengan lancar dan dapat memahami makna yang diucapkan oleh seseorang tersebut.
Kata Kunci: Produksi ujaran, pemerolehan bahasa, neoropsikolingusitik
Abstract. The purpose of the discussion in the study entitled The effect of speech production on language acquisition in children is to describe the effect of speech production on language acquisition in children. This type of research uses qualitative methods with documentation, observation, and interview techniques. Documentation techniques are used to collect data about the effect of speech production on language acquisition in children. The results of the discussion can be the effect of speech production on language acquisition in children has a very good impact on children by teaching the steps described so that children can produce their utterances well so that later children can speak fluently and understand the meaning spoken by someone.
Keywords: speech production, language acquisition, neoropsycholingusitic
Full Text:
PDFReferences
Arifuddin. 2013. Neuropsikolinguistik. Jakarta: Rajawali Pers.
Djardjowidjojo,Soejono.2010. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Manusia. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Louise Cumming. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Soejono Djardjowidjojo. 2003. Psikolinguistik: Pengantar Pemahaman Louise Cumming. 2007. Pragmatik: Sebuah Perspektif Multidisipliner. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar).
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3061
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id