PENGEMBANGAN MODUL MENULIS CERPEN BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK SISWA MA AR-RISALAH

Winda Noprina

Abstract


Abstrak. Penelitian  ini  bertujuan  untuk  menghasilkan  modul  menulis cerpen berbasis Project Based Learning (PjBL) yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan oleh siswa kelas X MA Ar-Risalah Padang. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MA Ar-Risalah Padang yang berjumlah tiga  puluh orang.  Pemilihan  subjek  penelitian  berdasarkan  pertimbangan-pertimbangan tertentu. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model  pengembangan  4D.  Pengembangan  diawali  dengan  tahap pendefinisian, perancangan, dan diakhiri dengan pengembangan. Penelitian  dimulai pada bulan Desember 2015 sampai dengan Maret 2015. Selama penelitian, peneliti berkolaborasi  dengan guru  bahasa  Indonesia. Data  penelitian  yang berbentuk kuantitatif  diperoleh  dari  penilaian  validator  ahli,  guru  dan siswa, dan hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, validitas modul menulis cerpen berbasis PjBL yang dikembangkan tergolong sangat valid dengan presentase 95,83%. Kedua, praktikalitas yang dikembangkan tergolong sangat praktis dengan presentase 91,83% dan 81,43%. Ketiga, efektivitas modul menulis cerpen berbasis PjBL yang dikembangkan tergolong sangat efektif dengan persentase penilaian pada aktivitas siswa yakni 90,33%. Sebanyak 83,3% dari 30 siswa telah mendapatkan nilai menulis cerpen melebihi KKM. Jadi, modul yang telah dikembangkan dapat digunakan sebagai bahan ajar di dalam pembelajaran bahasa Indonesia khususnya untuk materi menulis cerpen.

Kata Kunci: modul, project based learning, cerpen

Full Text:

PDF

References


Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPSDMPK). 2013. Pembelajaran Berbasis Proyek/Project Based Learning. Jakarta: Kemendibud.

Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas.

Dimyati dan Mudjiono. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasanuddin dan Muhardi. 2006. Prosedur Analisis Fiksi: ajian Strukturalisme. Padang: Citra Budaya Indonesia.

Kemp, Jerrol. 1994. Proses Perancangan Pengajaran. Bandung: ITB Bandung.

Nuraini, Oktaviana. 2013. “Penerapan teknik Transformasi Lagu untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Cerpen Siswa SMA”. BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 2 (2): 1-16.

Nurgiantoro, Burhan. 2010. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFEYogyakarta.

Riduwan. 2012. Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Trianto. 2012. Model-model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara.

Tukiman. 2007. "Meningkatkan Kemampuan Menulis Cerpen dengan Pendekatan Pembelajaran Terpadu (Studi pada Siswa Kelas XII IPA-3 SMA N 1 Mojolaban)". Jurnal Pendidikan, 16 (2) :151-163.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.