PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI STRATEGI MODELLING THE WAY SISWA KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN

Siti Fatimah Zahara

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan  kualitas pembelajaran berbicara dan kualitas hasil keaktifan siswa dalam berbicara di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan siswa di Sekolah menengah kejuruan di medan. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AKL 2 yang berjumlah 25 orang  dengan rincian  4 laki-laki dan 24 perempuan. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah pembelajaran berbicara khususnya berdiskusi. Proses penelitian dilakukan dalam dua siklus yang meliputi  empat kegiatan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, serta analisis dan refleksi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan terdapat peningkatan kualitas baik proses maupun hasil berbicara pembelajaran berbicara pada siswa. Peningkatan kualitas proses pembelajaran tersebut ditandai dengan meningkatnya jumlah siswa yang mencapai batas ketuntasan. Langkah-langkah efektif yang dilakukan oleh peneliti untuk mengoptimalkan pembelajaran berbasis masalah ini, antara lain :  (1) guru mengarahkankan siswa untuk menyadari adanya masalah di lingkungan sekitar secara berkelompok, (2) guru meminta siswa untuk mencari data atau informasi (mengorganisir siswa), (3) guru meminta siswa untuk merumuskan hipotesis dari data atau informasi yang telah diperoleh (masalah aktual), (4) guru mengelompokkan siswa didasarkan pada kemampuan berbicara, untuk melakukan diskusi tiap kelompok terdiri dari empat orang, (5) guru meminta siswa untuk mempresentasikan hasil diskusi mereka, dan (6) guru dan siswa menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan.

Kata kunci : peningkatan, strategi moddelin the way,

                      keterampilan berbicara

 

Abstract. This This research aims to find out 1) the quality of speaking learning process including students’ activiness, bravery, and cooperation; 2) the quality of learning. Achievement including students’ oral proficiency with ordered, good, and correct language thorught the problem based learning in the tenth grade vocational high school. This study belongs to a classroom action research (CAR). The subject of research was the tenth grade vocational high school. The object of research was the speaking learning, particularly discussion belonging to the Indonesian language subject. The research process was done in two cycles involving four activities: planning, acting, observing, as well as analyzing and reflecting. Based on the result of research, it can be concluded that there is an increase in the quality of speaking learning process and result. The increase of learning process quality is characterized by the increased number of students who active, bravely in articulating their argument, and capable of cooperating in their discussion group. The increase of learning result quality is characterized with the increased number of students reaching the graduation limit. The effective measures the writer had taken to optimize the strategy moddelling the way include: 1) teacher leads the students to be aware of the problems in the surrounding environment in group; 2) teacher asks the students to search for data or information (organizes the students); 3) teacher asks the students to formulate the hypothesis from the data or information obtained (actual problem); 4) teacher divides the students into several groups, each of which consists of four students, according to their speaking capability to have a discussion; 5) teacher asks the students to present their result of discussion and 6) teacher and the students analyze and evaluate the problem solving process.

Keywords : enhancement, thorugh through strategi 

                    modelling the way, improved speaking skills

Full Text:

PDF

References


Johnson, Elaine B. 2007. Penelitian Tindakan kelas untuk Guru. Malang : penerbit Universitas malang

Maidar G. Arsjad dan Mukti U.S 1991. Kemampuan berbicara bahasa indonesia. Jakarta : Penerbit Erlangga

Roestiyah Wiriatmaja.2006. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Suharsimi Arikunto, Suhardjono dan Supardi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta; Bumi Aksara




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i2.3153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.