PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS ANEKDOT SISWA KELAS X SMK KESEHATAN TRIDARMA PEMATANG SIANTAR
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot dengan menggunakan metode pembelajaran two stay two stray. penelitian ini dilakukan diSMK Kesehatan Tridarma Pematangsiantar. Sampel yang dilibatkan dalam penelitian ini terdiri dari 30 orang siswa yang diambil secara cluster sampling. Metode yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain one-group pretes-postes. Instrumen yang dilakukan adalah tes tertulis. Rumus yang digunakan adalah uji “t” dari pengolahan data diperoleh nilai rata-rata pre-tes = 47.9 dan skor rata-rata post-tes = 78.9. Dari analisis data dilakukan uji hipotesis penelitian dengan uji hipotesis penelitian dengan uji “t”. Dari hasil penelitian diperolehthitung = 20,24 > ttabel = 2.045 pada taraf signifikan 0.05. dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada tingkat keterampilan menulis teks anekdot siswa sebelum menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan skor rata-rata dalam kategori kurang dan sesudah menggunakan metode Two Stay Two Stray dengan rata-rata dalam kategori baik.
Kata Kunci : Model Pembelajaran Two Stay Two Stray, Menulis, Teks Anekdot
Abstract. This study aims to describe the ability to write anecdotal texts using the learning method of two stay two stray. this research was conducted at the Pematangsiantar Community Health Care School. The sample involved in this study consisted of 30 students taken by cluster sampling. The method used in this research is the experimental method with one-group pretest-posttest design. The instrument is a written test. The formula used is the "t" test, from the processing of data obtained the average value of pre-test = 47.9 and the post-test average score = 78.9. From data analysis, the research hypothesis test is done by testing the research hypothesis with the "t" test. From the results of the study obtained thitung = 20.24> t table = 2.045 at a significant level of 0.05. thus, Ho is rejected and Ha is accepted. Then it can be concluded that there is a significant difference in the level of anecdotal text writing skills of students before using the Two Stay Two Stray method with the average score in the less category and after using the Two Stay Two Stray method with the average in the good category.
Keywords: Two Stay Two Stray Learning Models, Writing, Anecdotal TextsFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Ary, Donald dkk; 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Terjemahan Arief Furchan. Surabaya: Usaha Nasional .
Dalman. 2014. Keterampilan Menulis . Jakarta. Raja Grafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Malang : Pustaka Pelajar.
Hutahaean. 2013.Artikel Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalahterhadap Kemampuan Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Air Putih Tahun Pembelajaran 2013/2014. Medan.
Istarani. 2011. Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada.
Rachmawati, Erlin Nur. 2014. Skripsi Peningkatan Keterampilan Menulis Teks Anekdot Menggunakan Strategi Genius Learning Untuk Siswa Kelas X Kendaraan Ringan (KR) 3 SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta.
Rusman. 2012. Model-model pembelajaran. Bandung : PT Raja Grafindo Persada.
Shoimin, Aris. 2016. Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta Rembang : AR-RUZZ Media.
Somodana, Wyn.2015. Artikel E-Journal Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Dalam Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Oleh Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Singaraja.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung. Alfabeta Bandung.
Sugono, Dendy. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi IV.Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Sulistyowati Trisni, 2013. Bahasa Indonesia Kebanggaan Bangsaku. Solo: PT Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.
Tarigan, H. G. 2008. Keterampilan menulis .Bandung : Angkasa Raya.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif. Jakarta: Kencana.
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3173
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id