APLIKASI PENDIDIKAN ONLINE “RUANG GURU” SEBAGAI PENINGKATAN MINAT BELAJAR GENERASI MILENIAL DALAM MENYIKAPI PERKEMBANGAN REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Nindi Silvia Rahmadani, Mia Setiawati

Abstract


Abstrak. Artikel ini berisi pembahasan tentang aplikasi pendidikan online ruang guru sebagai peningkatan minat belajar generasi milenial dalam menyikapi perkembangan revolusi industri 4.0. Pendidikan merupakan hal yang sangat penting bagi manusia, karena dengan pendidikan setiap manusia dapat menambah wawasan dan ilmu yang bermanfaat. Setiap manusia wajib mendapatkan pendidikan yang layak di mana pun berada dan pendidikan dapat mengubah pola pikir menjadi lebih baik dan positif. Salah satu bentuk pola pendidikan dalam menyikapi revolusi indutri 4.0 adalah memanfaatkan smarthphone/gadget sebagai media pendidikan yang disebut dengan aplikasi Ruang Guru. Aplikasi ruang guru merupakan aplikasi berbasis digital yang dapat diakses dimanapun dan kapanpun, serta penggunaannya yang mudah dan membantu dalam permasalasahan pembelajaran.Ruang Guru menyediakan sistem tata kelola pembelajaran yang dapat digunakan murid dan guru dalam mengelola kegiatan belajar di kelas secara virtual. Dilengkapi dengan ribuan bank soal yang kontennya disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di Indonesia.

Kata kunci :aplikasi, ruang guru, revolusi, industri 4.0

 

Abstract. This article contains a discussion of the application of teacher space online education as an increase in the interest in learning millennial generation in addressing the development of the industrial revolution 4.0. Education is very important for humans, because with education every human being can add useful insights and knowledge. Every human being must get a decent education wherever they are and education can change the mindset to be better and positive. One form of education pattern in addressing the industrial revolution 4.0 is utilizing a smartphone / gadget as an educational medium called the Guru Ruang application. The teacher room application is a digital based application that can be accessed wherever and whenever, and its use is easy and helps in learning problems. The Teacher's Room provides a learning governance system that can be used by students and teachers in managing learning activities in the classroom virtually. Equipped with thousands of question banks whose content is adapted to the applicable curriculum in Indonesia

Keywords: application, teacher room, revolution, industry 4.0


Full Text:

PDF

References


Achmad Munib (2004) Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: UPT MKK UNNE.

Ali, Muhammad dkk. (2017).“Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi Orang Tua Terhadap Minat.

Melanjutkan Pendidikan Anak di Desa Wunse Jaya Kecamatan Wawonii Tenggara.

Kabupaten Konawe Kepulauan”. Jurnal Al-Ta’dib, Vol. 10, No 1, Hlm. 163-176.

Asnawir dan Basyiruddin Usman. 2002. Media Pendidikan. Jakarta Selatan: Ciputat Press.hlm. 11.

Gideon, Samuel. (2018). “Peran Media Bimbingan Belajar Online “Ruangguru” dalam Pembelajaran Ipa bagi Siswa Smp dan Sma Masa Kini”. Jurnal JDP, Volume 11, Nomor 2, Halaman 177-179.

Nurchaili (2010). “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dalam Proses Pembelajaran Kimia Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 16, No 6, Hlm. 648-658.

Nurkholis.(2013). “Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi”. Jurnal Kependidikan. Januari-Juni, Vol. 1, No 1, Hlm. 24-44.

Prasetyo, Hoedi, and Wahyudi Sutopo. "Industri 4.0: Telaah Klasifikasi aspek dan arah perkembangan riset." J@ ti Undip: Jurnal Teknik Industri 13.1 (2018): 17-26.

Raharjo, Sabar Budi. "Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan16.3 (2010): 229-238.

Wahidin, Unang dkk (2018).“Media Pendidikan dalam Perspektif Pendidikan Islam”. Jurnal Pendidikan Islam, Volume 07, Nomor 01, Halaman 47-66




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3179

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.