PENGARUH MODEL SUGESTOPEDIA TERHADAP KEMAMPUAN MENYUNTING TEKS LAPORAN OLEH MAHASISWA SEMESTER VII PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UMSU

Sri Listiana Izar

Abstract


Abstrak.Penelitian   ini  bertujuan; 1.  Untuk mengetahui kemampuan menyunting teks laporan dengan menggunakanmodel pembelajaran sugestopedia oleh mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU . 2. Untuk mengetahui kemampuan menyunting teks laporan dengan menggunakan model konvensional oleh mahasiswa  semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU. 3. Untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran sugestopedia terhadap kemampuan menyunting teks laporan oleh mahasiswa semester VII Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP UMSU . Penelitian ini dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  yang berjumlah 110 orang terdiri dari 3 kelas .pengambilan sampel dilakukan dengan random sampling, kelas VII A Sore sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B Sore sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan desain  pos-tes only control design dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes esai. Hasil kemampuan menyunting teks laporan dengan menggunakan model sugestopedia pada kelas eksperimen dengan nilai rata-rata 69,06 dan kemampuan menyunting teks laporan  dengan menggunakan model konvensional   pada kelas kontrol  dengan rata-rata 62,64. Berdasarkan uji-t diproleh nilai t >tabel  yaitu 2,643> 1,661, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang singinifikan pengaruh model sugestopedia terhadap kemampuan menyunting teks laporan  oleh mahasiswa kelas VII Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara .

Kata Kunci: Pengaruh Model Sugertopedia,  Menyunting Teks Laporan

 

Abstract.The aim of this study; 1. To find out the ability to edit report text using the Sugestopedia learning model by VII semester students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program FKIP UMSU in the learning year 2018-2019. 2. To find out the ability to edit report text by using conventional models by VII semester students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program FKIP UMSU in the learning year 2018-2019. 3. To find out the effect of the sugestopedia learning model on the ability to edit report text by VII semester students of the Indonesian Language and Literature Education Study Program FKIP UMSU in the learning year 2018-2019. This research was carried out at the North Sumatra Muhammadiyah University. The population of this study was all VII grade students of Muhammadiyah University of North Sumatra in the 2018-2019 learning year, amounting to 110 people consisting of 3 classes. Sampling was done by random sampling, class VII A Afternoon as the experimental class and class VII B Afternoon as the control class. The method used in this study is an experimental method with post test design only control design and the tool used to collect data is an essay test. The results of the ability to edit report text using suggestopedia models in the experimental class with an average value of 69.06 and the ability to edit report text using conventional models in the control class with an average of 62.64. Based on the t-test obtained by the value of t> table which is 2.643> 1.661, it can be concluded that there is a significant effect of the influence of the sugestopedia model on the ability to edit report texts by seventh grade students of Muhammadiyah University of North Sumatra in the learning year 2018-2019.

Keywords: Effect of Sugertopedia Model, Editing Report Text


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.

Akhadiah, N., Arsjad, M. D., dan Ridwan S.H. (1999). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Cahyono, Bambang Eko Ari. “Suggestopedia: Pendekatan Pengajaran Bahasa Kedua Yang Bersifat Humanistik”. http://bahasastra-indonesia.blogspot.co.id/2011/10/sugestopedia.html. 25 November 2015.

Rahman, Bohri. September 2011. “Metode sugestopedia untuk pembelajaran bahasa metode sugestopedia untuk pembelajaran bahasa”.http://bahasa-dan-sastra-indonesia83a.blogspot.co.id/2011/09/metode sugestopedia-untuk-pembelajaran-html.25 November 2015.

Istarani. 2011. Metode Pembelajaran Inovatif. Medan: Media Persada.

Nurgiantoro, B. (2001). Penilaian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Ruseffendi, E. T. 2005. Dasar-dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru Edisi 5.Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3194

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.