KAJIAN MATERI PELAJARAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA MENUJU REVOLUSI 4.0

Lisa Septia Dewi br. Ginting

Abstract


Abstrak. Tujuan makalah ini menjelaskan kajian materi dan cara menghadapi revolusi 4.0 untuk pelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Materi yang ada di dalam kurikulum 2013 sudah sesuai dengan yang dibutuhkan dunia nyata, tinggal saja faktor yang sangat mendukung seperti guru yang inovatif dalam memilih pendekatan sesuai dengan materi, kelengkapan sarana dan prasaran dan juga kekampuan guru dalam menggunakan teknologi informasi. Cara bijak menghadapi revolusi 4.0 bagi pelajaran bahasa dan sastra Indonesia, menjadikan pelajaran ini  menyenangkan, Guru dan siswa harus terampil dalam berkomunikasi, terampil berliterasi informasi, menguasai teknologi dan informasi, harus kaya strategi inovatif dan berkarakter.

Kata kunci : Kajian, Materi, Bahasa dan Sastra

 

Abstract. The purpose of this paper describes the study of material and how to deal with the 4.0 revolution for the study of Indonesian Language and Literature. The material in the 2013 curriculum is in accordance with what is needed in the real world, leaving only very supportive factors such as innovative teachers in choosing approaches in accordance with the material, completeness of facilities and targets and also the ability of teachers to use information technology. Wise way of dealing with the 4.0 revolution for Indonesian language and literature lessons, making this lesson enjoyable, Teachers and students must be skilled in communication, skilled in titrating information, mastering technology and information, must be rich in innovative and characterized strategies.

Keywords: Study, Material, Language and Literature

Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS”, Tanggerang : Tira Smart

Arifin Nugroho, a. (2018). HOTS (HINGER ORDER THINKING SKILLS)”, PT.Gramedia : Jakarta

Cut nuraini. 2018. Perkembangan Mutakhir Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dalam Sudut Pandang Kurikulum. Riksa Bahasa. Vol 4 (143-149)

Muhammad Rohmadi. Strategi dan Inovasi dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Industri 4.0. (27-40)

Neni Haryani. 2019. Memperkuat Eksistensi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Era Revolusi 4.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang . (609-618)

Prof.Dr. Sarwiji Suwandi, M.Pd. Tantangan Mewujudkan Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia yang Efektif di Era Revolusi Industri 4.0. KBI. (1-20).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3199

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.