PENGARUH METODE IMAGE STREAMING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN DI KELAS XI SMA IT INDAH MEDAN

Rika Kartika

Abstract


Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode Image Streaming terhadap kemampuan menulis cerpen, populasi berjumlah 60 orang yang merupakan siswa kelas XI SMA IT Indah Medan Patumbak, dan di bagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok kelas eksperimen berjumlah 30 orang dengan menggunakan metode Image Streaming dan kelas control berjumlah 30 orang dengan menggunaka nmetode Ekspositori. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yaitu metode post-test only design group.  Instrumen yang digunakan untuk menjaring data penugasan yakni menulis cerpen. Dari hasil pengolahan data diperoleh rata-rata kelas eksperimen adalah 73,5, sedangkan rata-rata kelas kontrol adalah 67,66. Dengan demikian nilai kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diperoleh = 2,44pada taraf signifikan a= 5% dari daftar distribusi t dk 58, maka diperoleh 14ttabel "> = 2,9. Jika harga 14thitung "> dibandingkan dengan harga ternyata > 14ttabel "> (2,44>2,9), dapat dinyatakan hipotesis nihil ( 14HO "> ) ditolak dan hipotesis alternatif ) diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa dalam menulis cerpen lebih berpengaruh dengan menggunakan metode Image Streaming dibandingkan dengan metode EkspositoriKata Kunci: modul, project based learning, cerpen

Kata Kunci :Pengaruh image streaming, kemampuan menulis cerpen.

 

Abstract. This study aims to determine the methods used to process data. People who are students of class XI Private Senior High School Indah Medan, Patumbak, and divided into 2 groups of class experiments with 30 people using the method of Image Streaming and control class. 30 people using theExcository method. The method used in this research is experimental method that is post-test method only design group. The instrument used to capture the assignment data is writing short stories. From the data processing, the average of experimental class is 73,5, while the control class average is 67,66. Thus the number of experiment classes is higher than the control class. After hypothesis testing is obtained t (count) = 2.44padatarafsignifikan a = 5% from distribution list t dk 58, hence obtainedt (table) = 2,9. If h (count) compared to price t_ (table) it turns t_ (count)> t_ (table) (2.44> 2,9), can propose null hypothesis (H_ (O)) rejected and alternative hypothesis 〖(H ( _ (A)) is accepted. Can be done data analysis that can be concluded by using method.

Keywords: Effects of streaming images, the ability to write short stories.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2009. Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian-Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Istarani. 2012. 58Model Pembelajaran Inovatif. Media Persada: Medan. Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: P.N BalaiPustaka.

Purba, Antilan. 2001. Sastra Indonesia Kontemporer. Medan: USU Press.

Sanjaya, Wina. 2006.Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan.Jakarta : Kencana Prenada Media.

Sihotang, Hutmi Rosnida. 2009.Pengembangan bahan Ajar Bahasa dan Sastra.Medan.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan-PendekatanKuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sudjana. 2002. Metoda Statistika. Tarsito: Bandung

Sumardjo, Jakob dan Saini, K.M. 1997.Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT. Gramedia.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis, Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Thahar, Harris Effendi. 2008. Kiat Menulis Cerita Pendek. Bandung: Angkasa.

Wenger, Win. 2004. Beyound Teaching and Learning. Memadukan Quantum Teaching dan Learning. (terjemahan). Bandung: Nuansa

Akhadiah, dkk.2003. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa lndotiesia.) Erlangga.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.