PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA OLEH SISWA KELAS X SMA KAMPUS FKIP PEMATANGSIANTAR

Junifer Siregar

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan: (1) untuk mendeskripsikan rendahnya kemampuan menulis teks berita siswa kelas X SMA Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen Pematangsiantar sebelum menggunakan model pembelajaran learning cycle; (2) untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan menulis teks berita dengan menggunakan model pembelajaran learning cycle. Sampel penelitian ini berjumlah 30 orang siswa, dan menggunakan desain penelitian one group pre-test-post-test, dan menggunakan metode pra-eksperimen dengan uji statistik uji perbedaan mean sampel berhubungan. Dari analisis data diperoleh nilai thitung = -17,16> ttabel =2,045 pada taraf signifikan 0,05. Dengan demikian Ho ditolak dan Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran learning cycle baik untuk meningkatkan kemampuan menulis berita siswa kelas X SMA Kampus FKIP Pematangsiantar.

Kata Kunci: Learning Cycle, Menulis, Berita

 

Abstract. This research was conducted at the FKIP Campus High School HKBP University Nommensen Pematangsiantar for four months namely September-December . This study aims: (1) to describe the low ability of writing news texts for class X students of FKIP Campus HKBP University Nommensen Pematangsiantar before using the learning cycle learning model; (2) to describe the improvement in the ability to write news texts using the learning cycle learning model. The sample of this study was 30 students, and used a one-group pre-test-post-test research design, and used a pre-experimental method with a statistical test to test the difference in sample mean. From the data analysis, the value of tcount = -17.16> ttable = 2.045 at the significant level of 0.05. Thus Ho is rejected and Ha is accepted. Then it can be concluded that the application of the learning cycle learning model is good for improving the ability to write news for class X students of SMA Pematangsiantar FKIP.

 Keywords: Learning Cycle, Writing, News

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. RINEKA CIPTA.

Ary, dkk. 1984. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan. Surabaya Usaha Nasional.

Assegaft, Dja’far. 1982. Jurnalistik Masa Kini. Jakarta Timur. Ghalia Indonesia. Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2016. ISBN: 979-514-051-5.

Dalman, H. 2014. Keterampilan Menulis. Depok : PT Rajagrafindo Persada

Istarani. 2014. 58 Model Pembelajaran Inovatif. Medan : Media Persada

Kosasih, E. 2003. Ketatabahasaan dan kesusastraan. Bandung. Yrama Widya.

Lorsbach, A. W. 2002. The Learning Cycle as A tool for Planning Science Instruction. Online (http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257 lrcy.html, diakses 10 Desember 2002).

Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Putra. 2006. Teknik Menulis Teks Berita. Media Persada.

Slavin. 1995. Mendesain Model Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R dan D. Bandung. Alfabeta Bandung.

Sugono. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PT Gremedia Pustaka Umum.

Tarigan. H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta:

Kencana Prenada Media

(https://kampus100.blogspot,co.id).pdf

https://eprints.uns.ac.id/10241/1/189321011201101001.pdf

http://eprints.uny.ac.i/18403/1/Rahayu%20Saktiningsih%2010201241048.pdf

http://eprints.uny.ac.id/17028/1/Evi%20Purmaningrum%2010201241067.pdf

http://www.pa-manna.go.id/wp-content/uploads/2015/05/Teknik-Sederhana-Menulis-Berita-Website.pdf.

https://muhammadkholik.wordprees. com/2011/11/08/metode-pembelajaran-konvensional).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.