HUBUNGAN KETERAMPILAN MENGAJAR DAN MEDIA MENGAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKn KELAS XI SMA SWA SWASTA KAMPUS FKIP UNIVERSITAS HKBP NOMMENSEN
Abstract
Abstrak. Penelitian ini mendeskripsikan korelasi pemberian tugas dan diskusi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas XI SMA Swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen . Metode penelitian yang dipakai yaitu metode deskriptif korelasional. Dengan populasi sebanyak 114 orang dan sampel penelitian sebanyak 30 orang siswa. Hubungan pemberian tugas dengan prestasi belajar PKn di kelas XI SMA Swasta FKIP Universitas HKBP Nommensen dikategorikan tinggi (0.61). Hubungan diskusi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMA Swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen dikategorikan sedang (0.57). Hubungan pemberian tugas dan diskusi belajar dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PKn di kelas XI SMA Swasta Kampus FKIP Universitas HKBP Nommensen dikategorikan Tinggi (0,67)
Kata Kunci : Keterampilan Mengajar, Media Pembelajaran, Prestasi Belajar
Abstract. This study describes the correlation between assignment and learning discussion with student achievement in Civics Class XI subjects in Private High Schools FKIP Campus HKBP University Nommensen . The research method used is descriptive correlational method. With a population of 114 people and a sample of 30 students. The relationship of assignment with PKn learning achievement in class XI of FKIP HKBP University Nommensen T.A Private High School 2018/2019 is categorized high (0.61). The relationship of learning discussion with student achievement in Civics in class XI Private High School FKIP University Nommensen HKBP is categorized as moderate (0.57). The relationship between assignment and learning discussion with student learning achievement in Civics in class XI Private High School FKIP Campus HKBP University Nommensen is categorized High (0.67)
Keywords: Teaching Skills, Learning Media, Learning AchievementFull Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian. Jakarta : Rineka Cipta
Aris Kharismasari, Putu. 2009. Pengaruh Media Pembelajaran Audio-Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 1 Singaraja.(Online)
Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Corebima, dkk. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: Depdiknas.
Daryanto, 2011. Media Pembelajaran. Bandung : SATU NUSA
Depdiknas. 2000. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi. Jakarta: Depdiknas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.
Depdiknas. 2002. Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi-Pembelajaran Kooperatif
Djamarah, S.B. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Banjarmasin: Rineka Cipta
Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2010. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : Rineka Cipta
Kustandi, Cecep dan Bambang Sutjipto,2011. Media Pembelajaran Manual dan Digital. Jakarta: GHALIA INDONESIA
Sadiman, Arief S. Dkk.2009. Media Pembelajaran. Jakarta : Rajawali Pers
Sudjana, Nana dan Akhmad Rivai. 2010. Media Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV.ALFABETA Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistim Pendidikan Nasional. Jakarta :Depdiknas
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.3213
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id