ANALISIS EFEKTIVITAS BELAJAR PADA PEMBELAJARAN JARAK JAUH (PJJ) DI MASA PANDEMI COVID-19

Winaria Lubis

Abstract


Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan informasi tentang keefektivitasan proses pembelajaran jarak jauh (PJJ) di masa pandemik Covid-19. Penelitian menggunakan metode kualitatif eksploratif dengan pendekatan induktif.Dalam penelitian ini, responden yang berkaitan sebanyak 10 orang dari Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tama Jagakarsa Jakarta, terdiri dari 4 dosen pengampu dan 6 mahasiswa semester III (tiga). Untuk menjaga kerahasiaan identitas responden, peneliti memberi nama responden R1, R2, R3, R4, R5, R6, R7, R8, R9, dan R10. Wawancara dilakukan terstruktur dengan pertanyaan yang disusun dan dikaitkan serta dikembangkan dengan literatur terkait. Hasil dari penelitian ini adalah kurang efektifnya pembelajaran jarak jauh karena faktor kurangnya sarana dan prasarana serta ketidaksiapan edukasi teknologi.

Kata kunci: pembelajaran jarak jauh (pjj), efektivitas

                     belajar, pandemik covid-19

Abstract. The purpose of this study was to obtain information about the effectiveness of the distance learning process in the Covid-19 pandemic. The study uses explorative qualitative methods with an inductive approach. In this study, the respondents involved were 10 people from Prodi. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP Universitas Tama Jagakarsa Jakarta, terdiri dari 4 dosen pengampu dan 6 mahasiswa semester III (tiga). To maintain the confidentiality of respondents' identities, researchers gave the names of respondents R1, R2, R3, R4, R5, R6, R7, R8, R9, and R10. The interviews were conducted in a structured manner with questions compiled and linked and developed with related literature. The results of this study are less effective online learning because of the lack of facilities and infrastructure as well as the unpreparedness of technological education.

Keywords: distance learning, learning effectiveness,

                   covid-19 pandemic

Full Text:

PDF

References


Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

https://covid19.go.id/ diakses pada Kamis, 03 Desember 2020, pukul 09:34 WIB.

https://id.wikipedia.org/wiki/Penyakit_koronavirus_2019 diakses pada Kamis, 03 Desember 2020, pukul 09:40 WIB.

Fuad, Zainul, dkk. 2019. Metode Penelitian Kelautan dan Perikanan. Malang: UB Press.

Hartanto, W. 2016. Penggunaan E-Learning sebagai Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Ekonomi, 10(1), 1–18."Indonesia confirms first cases of coronavirus".

Mahardika, K., Zafran, D. Roza, F. Johnny & A. Prijono. 2002. Studi pendahuluan penggunaan vaks in iridovirus (inaktif vaksin) pada juvenil kerapu lumpur, Epinephelus coioides. Laporan Hasil Penelitian DIP 2002 Balai Besar Riset Perikanan Budidaya Laut Gondol. Hal. 195-202.

Prawiradilaga, Salma, dkk. 2016. Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning.Jakarta: Prenadamedia Group.

Rustiani, R., Djafar, S., Rusnim, R., Nadar, N., Arwan, A., & Elihami, E. (2019, October). Measuring Usable Knowledge: Teacher’s Analyses of Mathematics for Teaching Quality and Student Learning. In International Conference on Natural and Social Sciences (ICONSS) Proceeding Series (pp. 239-245).

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Administratif. Bandung: Alfabeta.

Tim Dosen JPTM FPTK UPI. 2015. Supelmen Pedoman Penulisan Skripsi Pendidikan. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Utarini, Adi. 2020. Tak Kenal Maka Tak Sayang: Penelitian Kualitatif dalam Pelayanan Kesehatan. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Yaumi, Muhammad. 2018. Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.

Yusuf, Muri. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dam Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.3282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.