PENERAPAN PENDEKATAN BERBASIS GENRE DALAM PENGAJARAN MENULIS TEKS PADA SISWA KELAS X SMA SWASTA MULIA

Nurvita Sari Musdiani Silalahi Silvy P. Maharani, Afanin Nabila

Abstract


Abstrak. Keterampilan mengajar menulis menggunakan pendekatan berbasis genre melibatkan lima tahap, yaitu: 1) Membangun konteks, 2) Membuat model dan mendekonstruksi teks, 3) Konstruksi bersama dari teks, 4) Konstruksi teks independen, dan 5) Menghubungkan teks terkait. Adapun masalah yang dihadapi guru, yaitu waktu mengajar yang kurang memadai, guru tidak bisa memantau semua siswa, siswa tidak memiliki banyak kosakata dan siswa kurang dalam pengucapan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan penerapan Pendekatan Berbasis Genre dalam keterampilan mengajar menulis di Swasta Mulia Medan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan keterampilan pengajaran menulis di Swasta Mulia Medan dengan menggunakan Pendekatan Berbasis Genre.Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif sebagai desain penelitian. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskripsi tentang fenomena faktual dalam pengajaran untuk mendapatkan informasi. Peneliti menjelaskan implementasi Pendekatan Berbasis Genre dalam mengajar keterampilan membaca. Metode pengumpulan data adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Data dianalisis dengan reduksi data, menampilkan data, menarik kesimpulan. Penelitian ini peneliti menggunakan metode triangulasi yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara.

Kata Kunci: Pendekatan Berbasis Genre, Menulis, Teks Deskripsi

 


Full Text:

PDF

References


Brown, H. Douglas. (2000). Principles of Language Teaching and Learning (4th Ed.).New York: Pearson Education.

Brown, H. Douglas. (2001). Teaching by Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy (2nd Ed.). New York: Pearson Education

Creswell, John W. (2014). Research Design Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches. United Kingdom: SAGE Publications Ltd.

Dirgeyasa, Wy. I. (2015). What and How to Assess a Genre-Based Writing. Proceeding of 4th International Conference on Language Education. 2015. State University of Makasar South Sulewesi Indonesia.

Fauziati, Endang. 2009. Introduction to Methods and Approaches in Second or Foreign Language Teaching. Surakarta: Era Pustaka Utama.

Heigham, Juanita and Robert A. Croker. 2009. Qualitative Research in Applied Linguistics A Practical Introduction. New York: Palgrave Macmillan.

Lerdpreedakorn, N. (2009). Genre-based Approach to Teaching Academic Writing. In A.

M. Stoke (Ed.), JALT 2008 Conference Proceedings: Tokyo: JALT. Moleong Lexy J. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakary

Nunan. 2003. Practical English Language Teaching. Cambridge: Cambridge University Press.

Stoke, J. (2006). How to do Media and Cultural Studies diterjemahkan oleh Santri Indah Astuti (Panduan untuk Melaksanakan Penelitian dalam Kajian Media dan Budaya, Yogyakarta: PT. Benteng Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v1i2.3287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.