PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS BERITA SISWA MTSN 4 SUKABUMI

dudin - parid

Abstract


Paridudin

 Penulis pertama, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia,43175

 Deden Ahmad Supendi

 Penulis kedua, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia

 

Abstraksi :Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan metode pembelajarann snowball throwing dalam pembelajaran menulis unsur-unsur berita serta hasil menulis sebelum dan sesudah menggunakan metode snowball throwing. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan posttest.sampel penelitiannya ialah siswa kelas VIII MTsN 4 Sukabumi . Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan desain penelitian One Grup pretes-Posttes Design. Berdasarkan hasil analisis tes awal diperoleh nilai tertinggi yaitu 95 nilai terendah 10. Sedangkan pada tes akhir nilai tertinggi 100 dan nilai terendah 40. Hasil thitug yaitu 7,94  da ttabel 1,699 maka H1#H0 hipotesis tidak sama dengan yang diduga.model pembelajaran snowball throwing mempengaruhi dalam meningkatkan keterampilan menulis unsur-unsur teks berita siswa kelas VIII MTsN 4 Sukabumi. 

Kata Kunci: menulis unsur berita, snowball throwing.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3593

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.