STRATEGI BERARGUMENTASI KOLABORATIF BERPENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN MEDIA DEORAWA UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI SISWA SMP MENYIMPULKAN PIKIRAN DAN PENDAPAT NARASUMBER
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi siswa SMP menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber melalui strategi berargumentasi kolaboratif berpendekatan saintifik dengan media deorawa. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen lembar penilaian unjuk kerja, lembar observasi, dan jurnal harian terhadap subjek penelitian sejumlah 26 siswa kelas VII SMP Negeri 3 Watulimo Kabupaten Trenggalek, Provinsi Jawa Timur. Data yang terkumpul, khususnya data verbal, dianalisis secara kualitatif dengan analisis interaktif model Miles dan Huberman. Hasil penelitian adalah peningkatan kompetensi menyimpulkan pikiran dan pendapat narasumber, yang mencakup kemampuan menyusun terma, premis minor, premis mayor, dan simpulan.
Kata kunci: argumentasi kolaboratif, pendekatan saintifik, media deorawa, penyimpulan pikiran dan pendapat
References
Alwi, Hasan; Dardjowidjojo, Soenjono; Lapoliwa, Hans; dan Moeliono, Anton M. 2003. Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa dan Balai Pustaka
Bogdan, R. dan Taylor, S. J. 1975. Introduction to Qualitative Research Methods. USA: A Wiley-Interscience Publication
Diezmann, C. M.; Watters, J. J.; dan English, L. D. 2002. Teacher Behaviours that Influence Young Children's Reasoning. Proceedings 27th Annual Conference of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, 2 (4): 289–296
Hadi, A. S. 2008. Logika Filsafat Berpikir. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Halliday, M. A. K. 2004. An Introduction to Functional Grammar. London: Hodder Arnold
Hopkins, D. 1993. Teacher’s Guide to Classroom Research. Scond Edition. Philadelpia: Open University Press
Kemendikbud. 2015. Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013 Tahun 2015 SMP/MTs Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: BPSDM Dikbud dan PMP
Kemmis, S. dan Taggart, R. M. 1988. The Action Research Planner. Deakin University, Australia: Deakin University opress (3rd edition)
Khalimi. 2011. Logika: Teori dan Aplikasi. Jakarta Selatan: Gaung Persada Press
Miles, M.B. dan Huberman, A. M. 1994. Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Thousand Oaks: Sage
Mundiri. 2010. Logika. Jakarta: Raja Grafindo Persada
Narimo. 2015. Proposisi dan Argumen dalam Diskusi Kelas Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Humaniora Vol. 3 No. 4 Hal. 276—286 Desember 2015.
Poespoprodjo, W. dan Gilarso, T. 2006. Logika Ilmu Menalar: Dasar-Dasar Berpikir Tertib, Logis, Kritis, Analitis, Dialektis. Bandung: Pustaka Grafika
Poespoprodjo, W. 2007. Logika Scientifika: Pengantar Dialektika dan Ilmu. Bandung: Pustaka Grafika
Santosa, Riyadi. 2011. Logika Wacana: Analisis Hubungan Konjungtif dengan Pendekatan Linguistik Sistemik Fungsional. Surakarta: LPP UNS dan UNS Press
Sidharta, B. A. 2010. Pengantar Logika. Bandung: PT Refika Aditama
Soedjito dan Saryono, Dj. 2012. Tata Kalimat Bahasa Indonesia. Malang: Aditya Media Publishing
Sumaryono, E. 1999. Dasar-dasar Logika. Yagyakarta: Kanisius
Toulmin, S. E. 1990. The Uses of Argument. Cambridge-New York Port Chester: Cambridge University Press
Warnick, B. dan Inch, E. S. 1994. Critical Thingking and Communication: The Use of Reason in Argument. New York: Macmillan Publishing Company
Wiriatmadja, R. 2007. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rodakarya
DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v2i1.3602
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id