PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN DALAM BAHASA SEHARI - HARI

Indah Putri Elbetri

Abstract


Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa anak usia dua tahun dalam bahasa sehari- hari melalui kajian sintaksis, kata sifat, kata benda dan kata kerja. Setiap anak memperoleh bahasa ibu pada tahap pertama kehidupannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dua tahun dalam kajian sintaksis, kata sifat, kata benda dan kata kerja. Melalui kajian ini akan diketahui pemerolehan bahasa dari segi sintaksis yang sudah dapat diproduksi oleh Muhammad Naufal Hardiwinata sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada data penelitian ini menggunakan kebahasaan lisan yang direkam. Langkah yang dilakukan adalah data yang berupa rekaman yang ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Haikal dari segi pemerolehan dan produksi sintaksis dapat dinyatakan Haikal sudah bisa merangkai kata-kata secara sederhana, mulai dari satu, dua sampai empat kata, dan akhirnya membentuk kalimat. Dalam pemerolehan bahasa Haikal dari segi kata sifat, kata benda dan kata kerja sudah baik.

Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, anak, sintaksis, kata kerja, kata benda dan kata sifat.



DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v3i2.3649

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.