PENGARUH TEKNIK BRAINWRITING TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 CARINGIN KABUPATEN SUKABUMI

Henti Rohenti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan dan minat siswa dalam menulis teks deskripsi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Caringin sebelum menggunakan teknik brainwriting, mengetahui kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Caringin setelah menggunakan teknik brainwriting, dan mengetahui pengaruh teknik brainwriting terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Caringin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-Experimental Design dengan Desain penelitian One-Group Pretest-Postest Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 orang. Hasil penelitian ini adalah pertama  kemampuan siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Caringin dalam menulis teks deskripsi sebelum menggunakan teknik brainwriting dengan nilai rata-rata 47,83 dalam kategori kurang (70%). Kedua, kemampuan siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Caringin dalam menulis teks deskripsi setelah menggunakan teknik brainwriting dengan nilai rata-rata 79,00, dalam kategori baik (90%). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan dengan menggunakan teknik brainwriting dalam meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Caringin. Hasil yang diperoleh dari penelitian berdasarkan hasil perhitungan statistik nilai thitung (17,581)>ttabel (2,045) menunjukkan hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Cetakan ke-15). Jakarta: Rineka Cipta.

Brokop, Flo dan Bill Persal. (2009). Writing Strategies for Learner who are Deaf. Edmonton:NorQuest College.

Chaer, A. (2014). Linguistik Umum (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Damai, et al.(2017). Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Jakarta:Media Maxima.

Kosasih, E. Dan Kurniawan, E. (2018). Jenis-Jenis Teks Fungsi, Struktur, dan Kaidah Kebahasaan. Bandung:Yrama Widya.

Paulus and Nijstad. (2003). Group Creatitivity. New York: Oxford University Press.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3670

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.