PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 LAUBALENG BERBASIS KEARIFAN LOKAL MERDANG MERDEM PADA MASYARAKAT KARO

Monika Br. Bangun

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar  siswa pada teks prosedur berbasis kearifan lokal merdang merdem  di SMA Negeri 1 Laubeleng. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI yang berjumlah 32 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat satu kali pertemuan. Teknik yang digunakan adalah wawancara, tes. Analisis data yang digunakan untuk mengetahui rata-rata hasil belajar siswa dengan menentukan pada ketuntasan individu, ketuntasan klasikal, dan rata-rata hasil belajar siswa sesuia dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 70.  Hasil penelitian yang dilakukan pada siklus I diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada aktivitas guru yaitu 60 dengan kategori cukup, sedangkan pada aktivitas sisa yaitu nilai 56 dengan kategori cukup. Hasil penelitian pada siklus II diperoleh hasil pelaksanaa pembelajaran pada ativitas guru yaitu 89% dengan kategori baik, sedangkan pada aktivitas siswa yaitu nilai 80 dengan kategori baik. Ketuntasan hasil belajar siswa secara individu siswa yang tuntas 30 orang sedangkan yang siswa yang tidak tuntas 2 orang. Hasil belajar siswa secara klasikal diperoleh siswa yang tuntas 93,75%dan siswa yang tidak tuntas 6,25% nilai rata-rata hasil belajar siswa pada siklus II meningkat yaitu 81,90.

 


References


Ardiansyah, 2014. Teknik Picture and Picture dalam Pembelajaran Menulis Teks Prosedur Kelas VIII SMP Negeri 2 Takalar.

Haling, Abdul. 2007. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit Universitas Negeri Makassa

Mahsun. 2014. Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kurikulum 2013. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurgiyantoro, Burhan. 2007. Penilaian Dalam Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Yogyakarta : BPFE.

Priyatni, Endah Tri. 2014. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Malang: Bumi Karsa

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Suwand, Sarwiji, Penelitian Tindakan Kelas dan Penulisan Karya Ilmiah. Surakarta: Yuma Pustaka.

Tampubolon . 2014. Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Pengembangan Profesi Pendidikan dan Keilmuan . Jakarta: PT Gelora Aksara Pratama.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3671

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.