ANALISIS KESULITAN GURU BAHASA INDONESIA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DI SMK SWASTA PARIWISATA PRIMA SIDIKALANG

POSMA Sianturi

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Kesulitan Guru Bahasa Indonesia dalam Pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS) di SMK Swasta Pariwisata Prima Sidikalang. Permasalahan kesulitan belajar dalam pembelajaran HOTS tersebut dideskripsikan berdasarkan dua aspek yang meliputi faktor kesulitan guru dilihat dari inteligensi dan faktor kesulitan guru dilihat dari non-inteligensi guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Populasi dari penelitian ini adalah guru dan siswa di SMK Swasta Pariwisata Prima Sidikalang yang menerapkan pembelajaran berbasis HOTS.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa informan belum siap atau kesulitan dalam menerapkan  pembelajaran berbasis HOTS. Pada aspek pelaksanaan pembelajaran, guru masih belum memahami secara keseluruhan mengenai tentang K13 sehingga membuat informan masih kesulitan dalam menentukan model pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran yang dibawakan. Guru juga masih kesulitan dalam penyusunan baik dalam KI, KD, penyusunan silabus, penyusunan RPP yang sesuai dengan kurikulum 2013. Hasil penelitian yang dilakukan peneliti juga menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis HOTS masih belum dipahami baik dalam pembelajaran HOTS, penyusunan RPP yang berorientasi HOTS, penyusunan soal atau pertanyaan berbasis HOTS maupun dalam format penilaian dalam pembelajaran yang berbasis HOTS.


Full Text:

PDF

References


Abdullah Sani, Ridwan, 2019. Pembelajaran Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS),

Tangerang: Tira Smart.

Arikunto dan Suharsimi, 2017.Prosedur Penelitian. Jakarta: Renika Cipta.

Emzir. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif: Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong, Lexy J. (2017).Metode Penelitian Kualitatif, cetakan ke-36, Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya Offset.

Mulyasa, 2016. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013.Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Puspita.2014. Kesulitan Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran K13.

Retnawati. 2015. Kurikulum 2013 Masalah dalam Pelaksanaan Kurikulum 2013.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kombinasi(Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.