PENGARUH MEDIA KOMIK DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS NEGOSIASI PADA SISWA KELAS X SMA SANTU PETRUS SIDIKALANG

Pratiwi Novita Tinambunan

Abstract


Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media komik dalam meningkatkan kemampuan menulis teks negosiasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, yaitu cara atau media yang mengungkapkan fakta yang jelas dengan desain Static Group Comparison. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling, sampel penelitian ini sebanyak 60 siswa kelas XMIA1 dan XMIA2. Instrument yang digunakan dalam pengumpulan data adalah test-essay dalam bentuk penugasan, yaitu menulis teks negosiasi.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Temuan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi sebelum menggunakan media komik termasuk dalam kategori cukup dengan nilai rata-rata 72,4. Sedangkan sesudah menggunakan media komik termasuk dalam kategori baik dengan nilai rata-rata 84. Selanjutkan pengujian hipotesis menunjukkan Hhitung > ttabel yakni 8,46 > 2,00  pada taraf signifikan 14 α=0,05">  atau 5%. Dengan demikian, terbukti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan dapat dinyatakan bahwa media komik berpengaruh terhadap kemampuan siswa dalam menulis teks negosiasi oleh siswa kelas X SMA Santu Petrus Sidikalang.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. Suharsimi. 2017. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rhineka Cipta

Arsyad.Azhar. 2013. Media Pembelajaran edisi revisi xvi. Jakarta: Rajawali Pers

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Kosasih. E. 2014. Jenis-jenis teks (analisis, fungsi, struktur, dan kaidah serta langkah penulisannya). Bandung: Yramada Widya

Sugiyono.2016. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta

Sujana dan Rivai. 2001. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Aglesindo

Trimo. 1997. Media Pendidikan. Jakarta: Depdikbud




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.