HUBUNGAN PENGUASAAN KOSAKATA DENGAN KEMAMPUAN MENULIS CATATAN HARIAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PULOSARI KABUPATEN PANDEGLANG

Meliyawati, Lina Marliana Dewi dan Yeni Sulaeman

Abstract


Abstrak. Hubungan Penguasaan Kosakata Dengan Kemampuan Menulis Catatan Harian Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari  Kabupaten Pandeglang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan teknik korelasi yang dilakukan di SMP Negeri 1  Pulosari Kabupaten Pandeglang. Adapun teknik sampel menggunakan Proportionate Stratifie Random Sampling. Jumlah siswa yang dijadikan sampel adalah 38 orang. Berdasarkan pengolahan data didapat nilai tes penguasaan kosakata siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang cukup. Sedangkan kemampuan menulis catatan harian siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang sudah baik. Hasil pengujian hipotesis diketahui bahwa terdapat hubungan yang positif antara penguasaan kosakata (X) dengan kemampuan menulis catatan harian (Y). Maka hipotesis penguasaan kosakata dengan kemampuan menulis catatan harian pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pulosari Kabupaten Pandeglang, dapat diterima. Hal ini dapat dibuktikan dengan melakukan uji t di mana hasil perhitungan statistik diperoleh nilai uji t sebesar 16,309. Nilai thitung ini lebih besar dari pada nilai ttabel yaitu 16,09 > 2,048. Kedua hubungan ini memiliki pola yang linier dan dinyatakan dengan persamaan regresi Ŷ = 25,915+0,658X.


Full Text:

PDF

References


Alwi, Hasan. 2001. KBBI. Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta: BR.

Keraf, Gorys. 2004. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka.

Merriam-Webster. (2011). Kezword Definition. Merriam Webster Online Dictonary.

Ramlan, M. 2001. Ilmu Bahasa Indonesia: Paragraf. Yogyakarta: CV. Karyono.

Semi, Atar. 2007. Dasar-dasar Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa

Suparno dan Yunus. 2008. Keterempilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H.G. 2008. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa

Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Pratek. Bandung : Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.