PEMEROLEHAN BAHASA ANAK USIA DUA TAHUN DALAM BAHASA SEHARI - HARI

Indah Putri Elberti

Abstract


Abstrak. Penelitian ini membahas tentang pemerolehan bahasa anak usia dua tahun dalam bahasa sehari- hari melalui kajian sintaksis, kata sifat, kata benda dan kata kerja. Setiap anak memperoleh bahasa ibu pada tahap pertama kehidupannya.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemerolehan bahasa pada anak usia dua tahun dalam kajian sintaksis, kata sifat, kata benda dan kata kerja. Melalui kajian ini akan diketahui pemerolehan bahasa dari segi sintaksis yang sudah dapat diproduksi oleh Muhammad Naufal Hardiwinata sebagai subjek penelitian. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Pada data penelitian ini menggunakan kebahasaan lisan yang direkam. Langkah yang dilakukan adalah data yang berupa rekaman yang ditranskripsikan ke dalam bentuk tulisan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan bahasa Haikal dari segi pemerolehan dan produksi sintaksis dapat dinyatakan Haikal sudah bisa merangkai kata-kata secara sederhana, mulai dari satu, dua sampai empat kata, dan akhirnya membentuk kalimat. Dalam pemerolehan bahasa Haikal dari segi kata sifat, kata benda dan kata kerja sudah baik.

Kata Kunci: Pemerolehan Bahasa, anak, sintaksis, kata kerja, kata

                      benda dan kata sifat.

 

Abstract. This study discusses the acquisition of two-year-old children's language in everyday language through syntactic studies, adjectives, nouns and verbs. Every child gets their mother tongue in the first stage of their life. The purpose of this study is to find out the acquisition of language in two-year-old children in the study of syntax, adjectives, nouns and verbs. Through this study, it is known that the acquisition of language in terms of syntax can be produced by Muhammad Naufal Hardiwinata as a research subject. The research method used is descriptive qualitative method. In this research data uses recorded oral language. The steps taken are data in the form of records which are transcribed into written form. The results of this study indicate that the acquisition of Haikal language in terms of acquisition and syntactic production can be stated Haikal can arrange words simply, ranging from one, two to four words, and finally form sentences. In acquiring the Haikal language in terms of adjectives, nouns and verbs are good.

Keywords: Obtaining Language, children, syntax, verbs, nouns and

                  adjectives.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Ayuba Hasan. 2016. Pemerolehan Fonologi Dan Sintaksis (Sebuah Studi Kasus Pada

Anak Usia 2 Tahun).Journal article Al-Lisan.

Clark, Herbert H and Eve V. Clark. 1977. Psychology and Language. New York:HarcourtBrace Javanovich.

Chairul Bachri Siregar, Rizka Maya Sari. 2016. Pemerolehan Bahasa Anak Usia 7

Tahun 3 Bulan Dalam Bidang Sintaksis. Jurnal edukasi kultural. 1. 8-11.

Chaer, Abdul. 2003. Psikolinguistik, Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Chaer, Abdul. 2009. Psikolinguistik Kajian Teoretik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, Soenjono. 2000. Echa Kisah Pemerolehan Bahasa Anak Indonesia. Jakarta: Grasindo.

Darjowodjojo, Soenjono. 2010. Psikolinguistik : Pengatar Pemahaman Bahasa Manusia. Jakarta : Yayasan Obor Indonesia.

Hakim Usman. 2016. Studi Pemerolehan Bahasa Pada Anak Usia 4 Tahun (Kajian Sintaksis). Jurnal Linguistik Terapan.

Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.

J. Moleong, Lexy. 2000. Metode Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya; Bandung.

Julisah Izar, Neldi Harianto, Bella Cintya Dan Fariza Anggelina.2020. Pemerolehan

Kelas Kata Nomina Dan Verba Pada Anak Usia 3 Tahun Di Paud Az Zahra Jambi. Jurnal Rudhah. 8.

Kamariah.2018. Pemerolehan Bahasa Emmy Aufa Mikayla (Studi Pemerolehan

Bahasa Anak Usia 2,2 Tahun). Stkip Pgri Banjarmasin. 243-244.

Kiparsky, Paul. (1968). "Linguistics universal and linguistics change" dalam Back and Harms (Ed) (1968). Universal in linguistics theory. New york: Holt,Reinhard and Winston.

Kridalaksana, Harimurti. 1989. Pembentukan Kata dalam Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Nababan dan Sri Utari Subyakto. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengatar. Jakarta : Gramedia Pustaka Utama.

Nova Yulia. 2013. Ragam Bahasa Anak-Anak: Ditinjau Dari Segi Sosiolinguistik. Liingua Diidakttiika. 6. 110.

Meilan Arsanti.2014. Pemerolehan Bahasa Pada Anak (Kajian Psikolinguistik). Jurnal PBSI. 3. 25.

Mushaitir. (2016). Pemerolehan sintaksis (B1) bahasa Sasak pada anak usia 4-6 tahun di

Lombok Timur melalui permainan tradisional. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 16(1).

Schutz, Ricardo. "Noam Chomsky", 'Language and Mind (2006) p.1.

Sigel, I and Cocking, R. Cognitive Development from Childhood to Adolescence: A Construc/ivist Perspective. (2000), p. 5.

Simanjuntak, Mangantar. 2009. Pengantar Neuropsikolinguistik, Menelusuri Bahasa,

Pemerolehan Bahasa dan Hubungan Bahasa dengan Otak. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Subyakto, Sri Utari dan Nababan. 1992. Psikolinguistik: Suatu Pengantar. Jakarta Gramedia Pustaka Utama.

Suriasumantri, Jujun S. 2003.Filsafat Ilmu. Jakarta: Pestaka Sinar Harapan.

Tarigan, Henry Guntur. 2011. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1987. Teknik Pengajaran Ketrampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 1988. Pengajaran Pemerolehan Bahasa. Bandung: Angkasa.

Tisa Maharani & Endang Setiyo Astuti.2018. Pemerolehan Bahasa Kedua dan

Pengajaran Bahasa Dalam Pembelajaran Bipa. Jurnal Bahasa Lingua Scientia. 10. 123.

Tompkins, Gail E. dan Kenneth Hoskisson. 1995. Language Arts Content and

Teaching Strategies. New Jersey: Englewood Cliffs.

Verhaar, J.M.W. 2006. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3682

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.