PELATIHAN PENERAPAN PENGAJARAN REFLEKTIF DALAM PENGIMPLEMENTASIAN PENDEKATAN SCIENTIFIC APPROACH BAGI GURU BAHASA INGGRIS DI MAN MEDAN

Masitowarni Siregar, Meisuri dan Syamsul Bahri

Abstract


Abstrak.Pembelajaran aktif (active learning) adalah salah satu ciri utama yang dikehendaki oleh kurikulum 2013. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan penerapan Pengajaran Reflektif dalam pengimplementasian pendekatan Scientific Approach bagi guru Bahasa Inggris di MAN Medan. Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1)  dan Madrasah Tsaniyah Negeri 2 (MTsN 2) Medan merupakan sekolah negeri yang berlokasi di Jl. Williem Iskandar No. 7 B, Kota Medan, Sumatera Utara. Sekolah ini juga termasuk sekolah yang aktif mengikuti berbagai kegiatan baik yang diselenggarakan oleh pihak pemerintah maupun lembaga lainnya. Namun, pada kenyatannya tidak semua siswa mampu melatih dirinya untuk berpikir kritis tanpa ada peran seorang guru yang terus berinovasi untuk mewujudkan suatu pembelajaran yang sesuai dengan tuntutan perubahan zaman. Penerapan Pengajaran Reflektif merupakan cara yang efektif dalam melatih siswa untuk terus berpikir kritis yang tentunya akan menjadi siswa yang aktif dan kreatif. Adapun target luaran yang akan dicapai adalah Publikasi ilmiah pada Jurnal ber ISSN/Prosiding jurnal Nasional; buku referensi/modul Pembelajaran Reflektif dalam pendekatan Scientific Approach; serta publikasi pada media masa cetak. Metode pelaksanaan yang dilakukan adalah model pelatihan penerapan Pengajaran Reflektif dalam pengimplementasian pendekatan Scientific Approach. Pelaksanaan kegiatan pembinaan ini dilakukan dengan empat tahapan yaitu 1) sosialisasi konsep dasar reflective teaching, 2) pelatihan reflective teaching dengan media power point, 3) tahapan pembimbingan reflective teaching, 4) tahap laporan draft buku tentang reflective. Pembinaan kemampuan reflective teaching para guru bahasa inggris yang dilakukan di sekolah mitra yaitu MAN 1 Medan dan MTSN 2 Medan sejauh ini telah dilaksanakan dengan baik dan diterima baik pula oleh sekolah mitra.

 

Kata Kunci: Pengajaran Reflektif, Scientific Approach, Guru, MAN

 

Abstract. Active learning is one of the main characteristics desired by the 2013 curriculum. This study aims to provide training on the application of Reflective Teaching in implementing the Scientific Approach approach for English teachers in MAN Medan. Madrasah Aliyah Negeri 1 (MAN 1) and Madrasah Tsaniyah Negeri 2 (MTsN 2) Medan are public schools located on Jl. Williem Iskandar No. 7 B, Medan City, North Sumatra. This school is also a school that actively participates in various activities both organized by the government and other institutions. However, in reality not all students are able to train themselves to think critically without the role of a teacher who continues to innovate to create learning that is in accordance with the demands of changing times. The application of Reflective Teaching is an effective way of training students to continue to think critically, which of course will become active and creative students. The output targets to be achieved are scientific publications in ISSN journals / National journal Proceedings; reference books / Reflective Learning modules in the Scientific Approach approach; as well as publications in the print media. The implementation method used is a training model for the application of Reflective Teaching in implementing the Scientific Approach approach. The implementation of this coaching activity is carried out in four stages, namely 1) socialization of the basic concepts of reflective teaching, 2) reflective teaching training using power point media, 3) reflective teaching guidance stages, 4) stage report draft book on reflective The development of reflective teaching skills for English teachers carried out in partner schools, namely MAN 1 Medan and MTSN 2 Medan, has so far been well implemented and well received by partner schools.

Keywords: Reflective Teaching, Scientific Approach, Teacher, MAN


Full Text:

PDF

References


Asari, A.R. 2014. Helping students experiencing mathematical thinking. Paper presented in International Workshop on Graph Masters and Seminar on Mathematics Education and Graph Theory. UNISMA: 7 – 9 Juni 2014

Komalasari, Kokom (2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Marnita. 2012. Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Pakem Pada Konsep Perpindahan Kalor Di SMA. Jurnal Variasi Vol.2 No.1 hal16-21

Marnita. 2017. Model Pembelajaran Reflektif Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Penguasaan Konsep Siswa Pokok Bahasan Kalor dan Perpindahannya di Kelas VII MTSN. Jurnal Pendidikan Al muslim. Vol.V. Hal. 23-29.

Nurkholis. 2013. Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan. Vol. 1. Hal. 24-44.

Rahman, Abdur. 2014. Mengupayakan Pembelajaran Yang Sesuai Tuntutan Kurikulum 2013. https://www.researchgate.net/publication/273636240.

Rais, Muhammad, dkk. 2019. Pembelajaran Relaktif Seni Berpikir Kritis, Analitis, dan Kreatif. Badan Penerbit UNM: Makassar.

Yerigan. 2008. Getting Active in The Classroom. Journal of College Teaching & Learning, 5(6): 20-24




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.3692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.