ANALISIS KEMAMPUAN PEMBELAJARAN MELALUI SISTEM APLIKASI ZOOM ONLINE SISWA KELAS VIII DI SEKOLAH SMP NEGERI 14 MEDAN

Artha Vero mitha Napitu

Abstract


Indonesia saat ini tengah dihadapkan dengan tantangan pandemi Covid-19, hal ini tidak hanya mempengaruhi sektor ekonomi dan sosial, melainkan juga sektor pendidikan yang kini mau tidak mau harus mulai beradaptasi dengan era ini. Sehingga kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran non tatap muka. Program tersebut dikenal dengan pembelajaran daring atau sistem E-learning atau online learning.Pada satuan pendidikan setingkat SMP Negeri 14 Medan pelaksanaan pembelajaran Online masih terbilang jarang bahkan belum pernah dilaksanakan. Sehingga penerapan pembelajaran online di SMP pasti akan menemui berbagai kendala. Kendala yang paling menonjol adalah perubahan kebiasaan yang terjadi pada diri siswa, awalnya diterima dengan baik, antusias karena kegiatan akan dilakukan di rumah, namun seiring berjalannya waktu akan menimbulkan sebuah kejenuhan dalam diri siswa karena melakukan sebuah rutinas yang sama setiap hari. Penelitian ini diharapkan dapat memecahkan dan mendapatkan pemecahan masalah yang dihadapi dalam penerapan pembelajaran online.

 


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i1.4034

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.