PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY TERHADAP KEMAMPUAN MENGAPRESIASI UNSUR INTRINSIK DAN EKSTRINSIK CERPEN OLEH SISWA KELAS XI SMA SWASTA METHODIST 8 MEDAN

Kalpin Gulo

Abstract


Penelitian   ini   bertujuan   untuk   mengetahui   pengaruh   model   pembelajaran discovery learning terhadap kemampuan mengapresiasi unsur intrinsik dan ekstrinsik oleh siswa kelas XI SMA Swasta Methodist 8 Medan T.P. 2019/2020. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI sebanyak 90 orang.  Sampel diambil secara acak sebanyak 30 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun nilai rata-rata di kelas eksperimen adalah 80 dan di kelas kontrol adalah  70. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa nilai rata-rata kemampuan mengapresiasi unsur intrinsik dan ekstrinsik oleh siswa kelas XI SMA Swasta Methodist 8 Medan lebih tinggi dari kelas kontrol. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji “t”. Dari perhitungan uji hipotesis diperoleh thitung = 2,002, selanjutnya dikonsultasikan dengan tabel pada taraf signifikan 5% dan taraf signifikan 1% dengan df = (N1+N2)-2 = 58. Pada tabel t dengan df = 58 diperoleh ttabel pada taraf signifikan 5% = 2,663 dan taraf signifikansi 1% = 2,002. Kriteria pengujian adalah Ho  ditolak jika t0  < t yang

berarti bahwa baik pada 𝛼   = 0,05 maupun pada 𝛼   = 0,01 H0 ditolak. Ini berarti Ha diterima jika ttabel  < thitung  > ttabel  (2,002 < 7,4 > 2,663) maka hipotesis alternatif

diterima. Hal ini berarti hasil kemampuan mengapresiasi unsur intrinsik dan ekstrinsik cerpen oleh siswa kelas XI berpengaruh siginfikan dengan model pembelajaran discovery learning.

 

Kata Kunci: Discovery learning, unsur intrinsik dan ekstrinsik, cerpen

 

 

ABSTRACT

 

This study aims to determine the effect of the discovery learning model on the ability to appreciate intrinsic and extrinsic elements by class XI students of SMA Swasta Methodist 8 Medan TP 2019/2020. The population of this study were all students of class XI as many as 90 people. Samples were taken randomly as many as 30 people. The method used in this research is the experimental method. The average value in the experimental class is 80 and 70 in the control class. Thus, it can be said that the average value of the ability to appreciate intrinsic and extrinsic elements by class XI students of SMA Swasta Methodist 8 Medan is higher than the control class. Hypothesis testing is done by using the "t" test. From the calculation of the hypothesis test obtained tcountg= 2.002, then consulted with the table at a significant level of 5% and a significant level of 1% with df = (N1+N2)-2 = 58. In table t with df = 58, t is obtainedtabelat a significant level of 5% = 2.663 and a significance level of 1% = 2.002. The test criteria are Ho rejected if t0 < t that

means that both at = 0.05 and at = 0.01 H0rejected. This means Ha

accepted if ttabel< tcountg> ttabel(2.002 < 7.4 > 2.663) then the alternative hypothesis

be accepted. This means that the results of the ability to appreciate the intrinsic and extrinsic elements of short stories by class XI students have a significant effect on the discovery learning learning model.

 

Keywords: Discovery learning, intrinsic and extrinsic elements, short stories

 

 


Full Text:

PDF

References


Alek & H. Achmad. 2011. Bahasa Indonesia untuk Perguruan Tinggi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2017. Bahasa Indonesia: Wahana

Pengetahuan (Buku Guru). Edisi Revisi. Jakarta: Kementerian Keraf, Gorys. 1982. Eksposisi dan Deskripsi. Ende Flores: Nusa Indah Kosasih. 2011. Ketatabahasaan dan Kesusastraan. Bandung: Yrama Widya

Moleong. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. 2016. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suherli, dkk. 2017. Buku Siswa Bahasa Indonesia Kelas XI Revisi Tahun 2017.

Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbag, Kemendukbud Waluyo. 2005. Apresiasi Puisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama Siswanto, Wahyudi. 2013. Pengantar Teori Sastra. Jakarta: Grasindo

Kosasih, E. 2014. Jenis-Jenis Teks dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/SMK. Bandung: Yrama Widya

Keraf, Gorys. 2010. Diksi dan Gaya Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i1.4085

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.