NEUROLINGUISTIK: TEORI LINGUISTIK DAN PEMEROLEHAN BAHASA PADA ANAK

Dewi Kumala Sari, Mrs. Rasyimah

Abstract


Abstrak.Bahasa merupakan kemampuan yang dimiliki manusia untuk berkomunikasi dengan manusia lainnya menggunakan tanda, misalnya kata dan gerakan dengan tujuan untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya. Berdasarkan teori linguistik, pemerolehan bahasa adalah proses yang berlangsung di alam otak anak ketika memperoleh bahasa dari ibunya. Ia akan berbahasa seperti apa yang didengar dan dilihat dari ibu dan orang-orang disekitarnya secara struktur dalam semua kompunen bahasa baik fonologi, sintaksis, pragmatik maupun semantiknya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji teori linguistik dan proses pemerolehan bahasa pada anak usia 0-5 tahun. Metode penelitian menggunakan metode deskriptif dengan mewawancarai orang tua anak secara langsung, dengan tahapan pengumpulan data, analisis data, dan penyajian hasil analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pemerolehan bahasa pada anak-anak usia 0-5 tahun sangat dipengaruhi oleh banyak faktor diatantaranya: usia anak, bahasa ibu dan lingkungan.

Kata Kunci: Teori Linguistik, Pemerolehan Bahasa, Anak

Abstract. Language is the ability of humans to communicate with other humans using signs, such as words and movements with the aim of developing their potential. Based on linguistic theory, language acquisition is a process that takes place in the child's brain when he acquires language from his mother. He will speak as what he hears and sees from his mother and the people around him structurally in all language components, both phonology, syntax, pragmatics and semantics. The purpose of this study was to examine linguistic theory and the process of language acquisition in children aged 0-5 years. The research method uses a descriptive method by interviewing the children's parents directly, with the stages of data collection, data analysis, and presentation of the results of the analysis. The results showed that language acquisition in children aged 0-5 years was strongly influenced by many factors including: child's age, mother tongue and environment.

Keywords: Linguistic Theory, Language Acquisition, Children

Full Text:

PDF

References


Ahlsen,E. 2006. Introduction to Neurolinguistics. John Benjamin Publishing Company. Amsterdam.

Chaer, A. 2003. Linguistik Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Dardjowidjojo, 2005. Psikolinguistik. Pemahaman Bahasa Manusia. Yayasan Obor Indonesia, Jakarta.

Khotijah, 2013. Teori-Teori Proses Pemerolehan Bahasa Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Tarbawiyah (10) 2. 1-20.

Malmkjaer, K. 2009. The Routledge Linguistics Encyclopedia. Routledge London.

Pujaningsih, 2010. Perkembangan Bahasa Dan Gangguan Bahasa Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Pendidikan Khusus (6) 1. 42-53.

Syaprizal, M.P. 2019. Proses Pemerolehan Bahasa Pada Anak. Jurnal Al-Hikmah (1) 2. 75-86

Simanjuntak, M. 2008. Bahasa, Pemerolehan bahasa dan Gramatika generatif. Diktat Lingusitik, Universitas Sumatera Utara, Medan.

Simanjuntak, M. 2009. Pengantar Neuropsikolinguistik, Menelusuri Bahasa, pemerolehan bahasa dan Hubungan bahasa dengan Otak, USU Press, Medan.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.4100

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.