PENERAPAN METODE PEMODELAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII MTSN 2 KOTA BENGKULU

Inge Sherendita, Mrs. Mindani, Ixsir Eliya

Abstract


Abstrak. Penerapan metode pemodelan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu dan  faktor penghambat dan pendukung penerapan metode pemodelan menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu. Tujuan penelitian mendeskripsikan bagaimana proses pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu dan mendeskrisikan apakah prinsip-prinsip metode pemodelan sudah diterapkan dalam pembelajaran menulis puisi pada siswa pada siswa kelas VIII di MTsN 2 Kota Bengkulu.Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang terdiri atas tahap perencanaan, pengumpulan data, proses pelaksanaan, tahapan-tahapan, dan tahap evaluasi penerapan metode pemodelan. Subjek penelitianya yaitu guru dan siswa kelas VIII A MTsN 2 KOTA Bengkulu. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh melalui proses Triagulasi sumber data dan Triagulasi Teknik. Analisis data dilakukan melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan.Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan Metode Pemodelan dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa kelas VIII MTsN 2 Kota Bengkulu dapat dikatakan terlaksana dengan baik, dan berjalan dengan semestinya. Hal ini dapat dilihat evaluasi hasil belajar siswa yang diatas rata-rata walaupun ada sebagian siswa yang hasil puisinya kurang menarik. Evaluasi pembelajaran dilakukan dengan penugasan untuk menulis puisi, adapun aspek yang di evaluasi yaitu tulisan yang dihasilkan oleh para siswa berupa kesesuaian isi, judul, kerapian, penggunaan majas dan penggunaan diksi.

Kata Kunci: menulis, puisi, metode pemodelan 

 

Abstract. Aplication of modeling methods in learning to write poetry for students of class VIII MTsN 2 Bengkulu City and the inhibiting and supporting factors in the application of poetry writing modeling methods for students of class VIII MTsN 2 Bengkulu City. The purpose of this study was to describe how the process of learning to write poetry in class VIII students at MTsN 2 Bengkulu City and to describe whether the principles of modeling methods had been applied in learning to write poetry for class VIII students at MTsN 2 Bengkulu City. This research is a qualitative research consisting of the planning stage, data collection, implementation process, stages, and the evaluation stage of the application of modeling methods. The research subjects were teachers and students of class VIII A MTsN 2 Bengkulu City. Data was collected by means of observation, interviews, and documentation. The validity of the data was obtained through the process of triagulation of data sources and technical triagulation. Data analysis was carried out through data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. The results showed that the application of the Modeling Method in Learning to Write Poetry in Class VIII MTsN 2 Bengkulu City could be said to be well implemented, and running well. This can be seen from the evaluation of student learning outcomes which are above the average, although there are some students whose poetry results are less interesting. The evaluation of learning is done by giving the task of writing poetry, while the aspects that are evaluated are the written works produced by students in the form of suitability of content, title, neatness, use of figure of speech and use of diction.           

Keywords: writing, poetry, modeling method

Full Text:

PDF

References


Agito, Albi. 2018. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat : CV Jejak.

Alfian, Thoriq Dwi.Penanaman Nlilai Kebangsaan dan Patriotisme Melalui Pembelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Yogyakarta.

Asmara, Aprilia Intan, Heny Friantary, and Ixsir Eliya. "Implementasi Penggunaan Media Gambar Bertema Konservasi Lingkungan Dalam Pembelajaran Menulis Puisi Pada Siswa Kelas X Tkj Smk Negeri 6 Kota Bengkulu." Wacana: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra dan Pengajaran 19.2 (2021): 7-14.

Menggunakan Kolaborasi Metode SSCS dan Media Audio Visual” Jurnal Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA, (Online), Vol. 2, No. 2.(https://ejurnal.pps.ung.ac.id) diakses 22 Febuari 2021

Djojosuroto, Kinayati. 2005. Puisi Pendekatan dan Pembelajaran. Jakarta: Nuansa.

Eliya, Ixsir. "Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Nilai-Nilai Islami Untuk Siswa MTs di Kabupaten Pemalang." At-Ta'lim: Media Informasi Pendidikan Islam 18.2 (2019): 337-348. (https://journal.iainbengkulu.ac.id/index.php/attalim/article/view/1923)

Hadijah. 2016. “Penerapan Metode Pemodelan dalam Meningkatkan Kemampuan Berpidato Siswa Kelas VI SDN Inpres I Ujuna Kecamatan Palu Barat,” e-Jurnal Bahasantodea, (Online), Vol. 4, No. 2, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/9812 diakses 22 Febuari 2021)

Isminarti,Nurmi. 2015. “Peningkatan Kemampuan Membaca Puisi dengan Metode Pemodelan pada siswa kels VII SMP Negeri 10 Purworejo tahun ajaran 2013/2014” Jurnal Bahasa dan Sastra Indonesia, (Online), Vol 2, No. 1, (http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/surya-bahtera/article/view/2528 diakses 22 Febuari 2021)

Kertayasa, I Wayan. 2018. “Pembelajaran Menulis Puisi Berdasarkan Pendekatan Kontekstual Pada Siswa Kelas X MIA 2 SMA N 1 Sukasada” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UNDIKSHA, (Online), Vol. 7, No. 2, (https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/20618 diakses 22 Febuari 2021)

Kurniawan, Sefta. 2014. Meningkatkan Kemmpuan Menulis Puisi Siswa dengan Menerapkan Teknik Imagine (Khayalan Visual) di Kels XII Bahasa SMA N 4 Kota Bengkulu. Skripsi tidak diterbitkan. Bengkulu: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidika, Universitas Bengkulu.

Larate, Abdullah. 2016. “Penerapan Metode Pemodelan untuk Menigkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Bantaya,”E-Jurnal Bahasantodea,(Online), Vol. 2, No. 1,(http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/download/6802/5454), diakses 22 Fbuari 2021.

Lubis, Fheti Wulandari. 2019. “Kemampuan Menulis Puisi Bebas dengan Tema Nilai-Nilai Karakter Bangsa Mahasiswa Semester Genap 2017-2018 STKIP Budidaya Binjai " Jurnal Serunai Bahasa Indonesia, (Online), Vol. 14, No. 1, (http://ejournal.stkipbudidaya.ac.id/index.php/je/article/download/129/98 diakses 22 Febuari 2021)

Mashita. 2018. “Implementasi Teknik Pemodelan untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Puisi pada Siswa Kelas II SDN 006 SEKIP Hulu Rengat,” Jurnal Pendidikan Tambusai, (Online), Vol. 2, No. 5, (http://garuda.ristekbrin.go.id/docu Nai’mah,Khoirun. 2015. Penerapan Merode Role Playing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah,Skripsi tidak diterbitkan. Klaten: SI Ilmu Pengetahuan Social, Universitas Widya Dharma Klaten.

Nurdalia, dkk. 2018. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Inquiri dan Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Fiqih Peserta Didik Kelas XI di Madrasah Aliyah Guppi Samanta Kabupaten Gowa” Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu islam, (Online), Vol. 7, No. 2.

(http://103.55.216.56/index.php/Inspiratif-Pendidikan/article/view/7908)

Pane, Abrida. 2017. “Belajar dan Pembelajaran,” Jurnal kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, (Online), Vol 2, No. 2, ((http://journals.ums.ac.id/index.php/KLS/article/view/5348 diakses 5 Jnuari 2020)

Rahmawati,Ida Sari. 2016. “Pengembangan Media Pembelajaran Menulis Teks Fabel dengan Macromedia Flash Bagi Siswa SMP” Jurnal Pendidikan,(Online), Vol. 2, No. 7, (http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6561/2796 diakses 22 Febuari 2021)

Rahmayanti, Marista Dwi . 2020. “Pengembangan Bahan Ajar Menulis Puisi dengan Menggunakkan Teknik Pemodelan di SMPN 1 Tulungagung” Jurnal Keilmuan Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya,(Online), Vol. 2, No. 2, (http://scholar.google.co.id/citations?user=Kyc0nrsAAAAJ&hl=id diakses 22 Febuari 2021)

Sugiono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta CV.

Sugiyono. 2020. Metode Penelitian Kualitatif (edisi ke-3). Bandung: Alfabeta.

Susilawati, Rita Agustin. 2016. Peningkatan Keterampilan Menulis Puisi Menggunakan Strategi 3w2h Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Salam.Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Yogyakarta.

Tarigan,Henry Guntur. 2013.Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Yuliyanty, dkk. 2017. “Penerapan Metode Pemodelan DalamMeningkatkan Kemampuan Berpidato di Kelas VIMadrasah Ibtidaiyah Alkhairaat Kotarindau,” Jurnal Bahasantode, (Online), Vol. 5, No. 3, (http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Bahasantodea/article/view/13322 diakses 22 Febuari 2021)




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i2.4184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.