ANALISIS DAMPAK PEMBELAJARAN DARING DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP SWASTA RK DELI MURNI BANDAR BARU TAHUN PEMBELAJARAN 2020-2021

Lastri Novita Saragih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru Tahun Pembelajaran 2020-2021. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan metode deskripsi kualitatif. Subjek penelitian atau informan yang digunakan adalah guru, siswa, dan orangtua. Pengumpulan data ini dilakukan dengan instrumen observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya dampak positif dan negatif dari pembelajaran daring terhadap guru, siswa, dan orangtua  di SMP Swasta RK Deli Murni Bandar Baru. Dampak positif  bagi guru dari pembelajaran daring adalah guru lebih melek teknologi dan lebih kreatif dalam membuat bahan ajar, sedangkan dampak negatifnya yaitu guru mengalami hambatan dalam kegiatan pembelajaran karena minimnya akses internet. Dampak positif bagi siswa dari pembelajaran daring adalah siswa lebih mengetahui penggunaan aplikasi yang digunakan selama mengikuti pembelajaran daring, sedangkan dampak negatifnya bagi siswa yaitu pembelajaran daring masih membingungkan siswa dan peserta didik mengalami stres. Dampak positif bagi orangtua dari pembelajaran daring adalah orangtua  lebih memahami karakter anak dan menjalin hubungan yang baik dengan guru sedangkan dampak negatifnya adalah orangtua tidak dapat mengawasi anak selama mengikuti proses pembelajaran dan orangtua  kesulitan untuk memotivasi anaknya untuk belajar. Solusi yang dilakukan untuk mengatasi dari dampak negatif pembelajaran daring dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada masa pandemi covid-19 yang dihadapi oleh guru, siswa, dan orangtua  yaitu di antaranya guru harus menjalin komunikasi yang baik dengan orangtua  siswa, begitu juga dengan orangtua  harus memberi waktu yang banyak untuk mengawasi anaknya selama mengikuti pembelajaran daring, dan guru harus memberi materi pembelajaran yang mudah untuk dimengerti oleh siswa.

Kata Kunci: Dampak, Pembelajaran Daring, Pembelajaran Bahasa Indonesia, Pandemi Covid-19.

 

Abstract. This study aims to determine the impact of online learning in Indonesian language learning during the covid-19 pandemic at RK Deli Murni Bandar Baru Private Middle School for the 2020-2021 academic year. This study uses a qualitative research approach with a qualitative description method. The research subjects or informants used were teachers, students, and parents. This data collection was done by means of observation, interviews, and questionnaires. The results of this study indicate that there are positive and negative impacts of online learning on teachers, students, and parents at RK Deli Murni Bandar Baru Private Junior High School. The positive impact for teachers from online learning is that teachers are more technology literate and more creative in making teaching materials, while the negative impact is that teachers experience obstacles in learning activities due to lack of internet access. The positive impact for students from online learning is that students are more aware of the use of applications used during online learning, while the negative impact for students is that online learning still confuses students and students experience stress. The positive impact for parents from online learning is that parents better understand their child's character and establish a good relationship with the teacher, while the negative impact is that parents cannot supervise their children during the learning process and parents find it difficult to motivate their children to learn. The solution to overcome the negative impact of online learning in Indonesian language learning during the COVID-19 pandemic faced by teachers, students, and parents is that teachers must establish good communication with students' parents, as well as parents must give sufficient time. There is a lot to supervise their children during online learning, and teachers must provide learning materials that are easy for students to understand.    

Keywords: Impact, Online Learning, Indonesian Language Learning, Covid-19 Pandemic.


References


Anjar, Angelina. Senin, 3 Mei 2021, Dampak Negatif dan Positif Pembelajaran Jarak Jauh Selama Pandemi Covid-19. Kompas, Jakarta.

Asmuni. 2020. Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/index jurnal penelitian dan pengembangan pendidikan Oktober 2020. Volume 7 No 4.

Buku Covid-19: Perspektif Pendidikan. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Darlan, Saifulla. 2020. Pelaksanaan Pembelajaran Sistem Daring Semasa Covid-19 bagi Peserta Didik Desa Anjir Serapat. http://journal.umpalangkaraya.ac.id/ index.php/bitnetVolume5 Nomor 2, September 2020 (1-8) Jurnal pendidikan teknologi informasi.

Handarini, Oktafia Ika. 2020. Pembelajaran daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid-19 https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap jurnal pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP) Volume 8, Nomor 3. 2020

Khair, Ummul. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Curup: Jurnal Pendidikan Dasar.

Makrufah, Siti Nahiyatul. 2020. Analisis Kesulitan Guru Matematika MTs Pangeran Diponegoro Salaman Tahun Pelajaran 2019/2020 dalam Menerapkan Pembelajaran Daring (Dalam Jaringan) Selama Masa Pandemi Virus Corona

Mudjiran, Dedi Robandi. 2020. Dampak Pembelajaran Dari Masa Pandemi Covid-19 terhadap Motivasi Belajar Siswa SMP di Kota Bukit tinggi Jurnal Pendidikan Tambusai Volume 4 Nomor 3 Tahun 2020.

Ni Nyoman Serma Adi, Dewa Nyoman Oka, dan Ni Made Serma Wati. Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP), Vol 5, No 1 (2021) https://ejournal.undiksha. ac.id/index.php/ JIPP/article/view/32803.

Pangaribuan, Rismauli. 8 Maret 2021. Dampak Positif Pandemi Covid-19 terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal STIT-Alkifayah, Riau. https://www.stit-alkifayahriau. ac.id/dampak-positif-pandemi-covid-19-terhadap-dunia-pendidikan/

Rafendi, Tamara Putri, dkk. 2020. Analisis Kesulitan Belajar Berbasis Komunikasi dalam Jaringan (Daring) Siswa Kelas IV Selama Pandemi Covid-19. PGSD, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sukabumi. Sukabumi: Jurnal Perseda.

Rigianti, Henry Aditia. 2020. Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Banjarnegara. Universitas PGRI Yogyakarta Indonesia.

Setyorini, In 2020. Pandemi Covid-19 dan Online Learning: Apakah berpengaruh terhadap proses Pembelajaran pada Kurikulum 13? http://www.jiamer.org journal of Industrial Engineering dan Management Research (JIEMAR) Volume: 01 No: 01 (Juni 2020).




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i2.4465

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.