PENGEMBANGAN STRATEGI PROBLEM BASIC LEARNING PADA PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI DAN MENULIS KARYA ILMIAH OLEH SISWA KELAS XI

Bonance Veronika

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan strategi pembelajaran problem basic learning untuk meningkatkan kemampuan mengidentifikasi dan menulis karya ilmiah kelas XI SMA Santo Thomas 3 Medan Tahun Pembelajaran 2020/2021. Metode penelitian dalam penelitian adalah metode penelitian dan pengembangan. Pengambilan data menggunakan validasi yaitu validator ahli pengembangan strategi, validator ahli materi validator guru bahasa Indonesia tingkat SMA dan 32 siswa SMA Santo Thomas 3 Medan. Teknik pengumbulan data dan validasi dilakukan dengan menggunakan angket. Analisis data dilakukan dengan mengubah data kualitatif menjadi data kuantitatif dengan menggunakan skala Linkert. Hasil penelitian menujukkan bahwa (a) penilaian dari ahli pengembangan strategi pembelajaran diperoleh rata-rata 4.50 dengan kategori “sangat baik”; (b) penilaian ahli materi dengan rata-rata 4.33 dengan kategori “sangat baik”; (c) penilaian oleh guru bahasa Indonesia dengan rata-rata 4.50 dengan kategori “sangat baik”; (d) penilaian oleh siswa sebagai pengguna (1) skala kecil dengan rata-rata 4.12 dengan kategori “baik” dan (2) skala sedang 4.37 dengan kategori “sangat baik”. Hasil belajar siswa diperoleh dari uji coba skala kecil dengan rata-rata 71.8 sedangkan uji coba skala sedang dengan rata-rata 86,7. Dengan demikian terbukti bahwa, sterategi pembelajaran problem basic learning  pada mengidentifikasi dan menulis karya ilmiah kelas XI SMA tepat digunakan dalam proses pembelajaran mengidentifikasi dan menulis karya ilmiah.

 

 

Kata Kunci :  Pengembangan Problem Basic Learning Karya Ilmiah

 

Abstract

 

               The aims of this study are to develop a problem basic learning strategy to improve the ability on identify and write scientific papers in the Eleventh Grade Students of SMA Santo Thomas 3 Medan in the Academic Year of 2020/2021. The research  is Research and Development Methods (R&D). To validate the Data are as a follows: validator of strategy development experts, validator of material experts, validator from the teacher of  Indonesian language  and 32 students of SMA Santo Thomas 3 Medan.  Data collection and validation techniques were carried out using a questionnaire. Data analysis was carried out by converting qualitative data into quantitative data using the Linkert scale. The research results showed that (a) the assessment of learning strategy development experts obtained an average of 4.50 with the "very good" category; (b) material expert assessment with an average of 4.33 in the "very good" category; (c) assessment by the teacher of Indonesian language with an average 4.50 in the “very good” category; (d) assessment by the students as users of (1) small scale with an average of 4.12 in the "good" category and (2) medium scale 4.37 with the "very good" category. Student learning outcomes obtained from small-scale trials with an average of 71.8 while the medium-scale trials with an average of 86.7. Thus, it is proven that the problem-based learning strategy of identifying and writing scientific papers in the eleventh grade students of SMA Santo is appropriate to use in the learning process to identify and write scientific papers.

 

 

Keywords: Problem Basic Learning, Scientific Papers


References


Arifin, Zaenal. 2012. Dasar-Dasar Penulisan Karya Ilmiah. Jakarta : PT Gra.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: BumiAksara. Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aris, Shoimin. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013.

Yogyakarta : Ar-Ruzz Media

Ariyadi, Adityo Bayu. 2013. Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Berdasarkan Pengalaman dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah (Problem Based Learning) Siswa Kelas V SD Negeri Trengguli 3 Kabupaten Demak Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, FBS, Unnes, Semarang.

Creswell, John W (2009); Research Design; Qualitative, Quantitative, and Mixed Method Approaches, Sage, Los Angeles

Dalman. 2016. Keterampilan Menulis. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Indonesia.(2008). Jakarta: Balai Pustaka

Dieter E. Geoge Schmidt C.dkk; Engineering Design; Mc Graww Hill, Internasional edition; 2009

Effendy, Onong Uchjana. (2013). Ilmu Komunikasi Teori dan Praktek. Bandung :

PT Remaja Rosdakarya

Faturrahman,dkk. 2012. Pengantar Pendidikan. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Fitriyah, Idatul. 2010. Peningkatan Kemampuan Melengkapi Karya Tulis Dengan Daftar Pustaka Dan Catatan Kaki Menggunakan Kuatret Modifikasi Melalui Model Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Kelas XI SMA Yasih

Kemendikbud. (2014). Permendikbud Nomor 103 tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran.Jakarta: Kemendikbud.

Komalasari, Kokom(2013). Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama

Malouf, J.M,. dkk. Makalah Materi Bahasa Indonesia: Sebuah Pengantar Penulisan Ilmiah.

Murniati & Hermawan. 2017. E- Problem Based Learning (E-Pbl) Pada Mata Kuliah Akuntansi Manajemen Sebagai Alternatif Pembelajaran Inovatif. JIBEKA. No. 1. Vol.11. Hal. 1-10.

Salusu, J. 2015. Pengambilan keputusan Strategi Untuk Organisasi Publik Dan Organisasi Non Profit. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia

Sanjaya. 2013. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana

Seels, Barbara. dkk. 1994. Teknologi Pembelajaran Definisi dan Kawasannya, Terjemahan Dewi, Rapheal, Yu-sufhadi Miarso. Jakarta: Unit Percetakan UNJ

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Arruzz Media.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

………. 2019. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Sutikno, Sobry. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i2.4466

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.