PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOTITION) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS RESENSI OLEH KELAS XI SMA SANTO THOMAS 3 MEDAN TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Sry Rejeki J Sinaga

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran CIRC dalam meningkatkan keterampilan menulis teks resensi. Pengambilan data dilakukan dengan validasi ahli pengembangan model, ahli materi, guru Bahasa Indonesia SMA dan 30 orang siswa SMA Santo Thomas 3 Medan. Pengambilan data dilakukan dengan melakukan validasi melalui angket, Analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) penilaian dari ahli pengembangan model terhadap produk model pembelajaran yang dikembangkandiperoleh rata-rata 4,25 dengan kriteria “sangat baik”; (b) penilaian dari ahli materi diperoleh rata-rata 4,6 dengan kriteria “sangat baik”; (c) penilaian dari Guru Bahasa Indonesia diperoleh rata-rata 4,6 dengan kriteria “sangat baik”; (d) Penilaian dari siswa sebagai pengguna model pembelajaran yang dikembangkan  (1) kelas kecil diperoleh rata-rata 3,86 dengan kriteria “baik”; (2) kelas sedang diperoleh rata-rata 4,55 dengan kriteria “sangat baik”. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dinyatakan, bahwa model pembelajaran CIRC untuk menulis teks resensi siswa kelas XI SMA “sangat layak” digunakan sebagai sumber belajar. Uji coba kelas kecil diperolehan rata-rata 62,6 kriteria “baik”, dan uji coba sedang 86,1 dengan kriteria “sangat baik”. Dengan demikian terbukti bahwa, model pembelajaran yang dikembangkan dapat meningkatkan kemampuan menulis teks resensi siswa kelas XI SMA Santo Thomas 3 Medan tahun pelajaran 2020/2021 dan model pembelajaran ini tepat digunakan dalam pembelajaran menulis teks resensi.

 

Kata kunci: Model pembelajaran CIRC, Teks Resensi

 

 Abstract

 

This study aims to develop a CIRC learning model in improving review text writing skills. Data collection was carried out by validation of model development experts, material experts, Indonesian high school teachers and 30 students of SMA Santo Thomas 3 Medan. Data retrieval is done by validating through a questionnaire, data analysis. The results showed that: (a) the assessment of the model development experts on the developed learning model products obtained an average of 4.25 with the criteria of "very good"; (b) the assessment of material experts obtained an average of 4.6 with the criteria of "very good"; (c) the assessment of the Indonesian Language Teacher obtained an average of 4.6 with the criteria of "very good"; (d) Assessment of students as users of the developed learning model (1) small class obtained an average of 3.86 with "good" criteria; (2) the average class obtained is 4.55 with the criteria of "very good". Based on the results of the study, it was stated that the CIRC learning model for writing review texts for class XI high school students was "very feasible" to be used as a learning resource. Small class trials obtained an average of 62.6 "good" criteria, and 86.1 moderate trials with "very good" criteria. Thus it is proven that the learning model developed can improve the ability to write review texts for class XI students of SMA Santo Thomas 3 Medan in the 2020/2021 school year and this learning model is appropriate to use in learning to write review texts.

 

Keywords: CIRC learning model, Review Text

 


References


Akhadiah, Sabarti, dkk. 2012. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Arifin dan Tasai. 2010. Cermat Berbahasa Indonesia. Jakarta: Akademika Pressindo

Borg, Gall. 1998. Metode penelitian dan pengembangan. research and devlopmen. Alfabeta

Creswell. 2012. Riset Pendidikan : Perencanaan, Pelaksanaan, Dan Evaluasi Riset Kualitatif & Kuantitatif. Pustaka Belajar

Imas & Berlin.2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Kata Pena

Istarani. 2011. Ragam Pengembangan 58 Model Pembelajaran Inovativ Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Medan: Media Persada

Jusrin Efendi Pohan. 2014. Pengembangan Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual Pada Menulis Resensi Di Kelas Ix Smp 7 Padang Bolak: Jurnal Bahasa, Sastra dan Pembelajaran

Kosasih dan Kurniawan. 2019. Jenis-jenis Teks, Fungsi, Struktur dan Kaidan Kebahasaan. Bandung: Yrama Widya

Mursidi. 2016. Tips sukses meresensi buku di korang. Jakarta : Elex Media Komputindo

Rusman. 2012. Seri Manajemen Sekolah Bermutu Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Bandung: Rajawali Pers

Siti Latifah Mubasiroh.2010. Pengembangan bahan ajar menulis resensi cerpen berbasis literasi kritis bagi siswa SMA kelas XI: Jurnal Foundasia

Slavin. 2016. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media

Sri Kusmaniyah. 2017. Pengembangan Model STAD Bhineka Dalam Pembelajaran Menulis Resensi Berkonteks Multikultural Bermuatan Nilai-Nilai Karakter Pada Peserta Didik SMA: Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Sugiono. 2015. Metode Penelitian & Pengembangan Researceh and Development. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i2.4468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.