KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE PROBLEM BASED LEARNING (PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH) PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 BATANG KUIS
Abstract
Dalam Penelitian Ini, Masalah Yang Dikaji Adalah Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian Ini Dilakukan Di SMP Negeri 1 Batang Kuis. Tujuan Penelitian Ini Adalah Untuk Mengetahui Kemampuan Menulis Puisi Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Batang Kuis. Metode Penelitian Yang Digunakan Adalah Deskriptif Kualitatif. Objek Dalam Penelitian Ini Adalah Siswa Kelas VIII Semester Genap Tahun Pelajaran 2021/2022 Teknik Pengumpulan Data Penelitian Ini Adalah Teknik Analisis Data Observasi, Dokumentasi Dan Tes.
Hasil Penelitian Kemampuan Menulis Puisi Siswa menyatakan Menulis Puisi Sebelum Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Belum Mendapatkan Hasil Yang Baik Yaitu Nilai Rata-Rata Siswa Mendapatkan 68.87. Sedangkan Menulis Puisi Setelah Menggunakan Metode Problem Based Learning Sudah Mendapatkan Hasil Yang Baik Yaitu Nilai Rata-Rata Siswa Mendapatkan 85,8.
Kata Kunci : Menulis, Metode Problem Based Learning, Puisi
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v6i2.4744
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id