ANALISIS NILAI EDUKATIF DALAM NOVEL GURUKU SAHABATKU KARYA RYAN ANGGA PRATAMA

Rahmadani Rahmadani, Fita Fatria

Abstract


Abstrak.Persoalan karakter pendidikan di Negara kita merupakan salah satu permasalahan yang banyak terjadi, terutama dalam lingkungan sekolah dan  masyarakat. Pembentukkan karakter sangatlah penting dilakukan dalam upaya meningkatkan kualitas karakter yang dicerminkan dalam prilaku, sikap serta moral seseorang. Novel merupakan salah satu media baca yang banyak diminati oleh khalayak ramai. Novel juga dapat dijadikan sebagai media penanaman serta peningkatan kualitas karakter seseorang. Novel Guruku Sahabatku Karya Ryan Angga Pratama merupakan salah satu contoh novel yang memiliki banyak nilai-nilai pendidikan didalamnya. Yang dapat dijadikan sebagai bahan untuk mengembangkan serta memperkenalkan siswa mengenai contoh nilai pendidikan yang dapat diterapkan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta mengetahui apa saja nilai pendidikan yang terdapat dalam novel dan memberikan sumbangan ilmu yang dapat bermanfaat bagi dunia pendidikan. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan desain penelitian analisis isi dalam menganalisi novel Guruku Sahabatku karya Ryan Angga Pratama. Hasil analisis yang didapat ialah novel ini merupakan novel motivasi, yang berisikan tentang perjalanan dan pengalaman hidup yang dialami oleh penulis serta memberikan gambaran kehidupan seorang guru. Nilai edukatif yang terdapat dalam novel ialah: : (1)Religius, (2)Kerja Keras, (3)Gemar Membaca (4)Peduli Sosial, (5)Mandiri, (6)kreatif, (7)Semangat Kebangsaan, (8)Menghargai Prestasi, (9)Rasa Ingin Tau, (10) Tanggung Jawab.

Kata kunci : Nilai Edukatif, Novel


Keywords


Nilai Edukatif, Novel

Full Text:

PDF

References


A.R.Syamsuddin, Vismaia S. Damaianti. 2006. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Aisha, Dhania Ayu. 2014. Mengenal Gaya Bahasa. Jakarta Timur: Multazam Mulia Utama.

Jabrohim, 2012. Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Belajar

KBBI Daring. Tersedia: https://kbbi.web.id/edukatif. Diakses tanggal 20 Februari 2021.

Koesoema A, Doni.2007. Pendidikan Karakter: Srategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta:Glasindo.

Minderop, A. (2010). Psikologi sastra: karya, metode, teori, dan contoh kasus.Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Moeleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nilai-nilai Pendidikan Karakter. Tersedia: https://rumahinspirasi.com/18-nilai-dalam-pendidikan-karakter-bangsa/. Diakses tanggal 12 Februari 2021.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v4i1.5109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.