Pengaruh Pembelajaran Daring dengan Google Classroom terhadap Prestasi Belajar Fiqih Siswa Kelas XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro

Ida Fauziatun Nisa, Farida Isroani

Abstract


Constraints sometimes encountered by teachers in using the Google Classroom application are students' internet networks that are less stable, so students cannot take online learning according to a predetermined schedule and the limited number of data quotas they have when they want to take online learning, so that not a few are forced to late in submitting assignments through the application. This study aims 1) To determine online learning with Google Classroom in class XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro, 2) To determine Fiqh learning achievement of class XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro students, 3) To find out how online learning with Google Classroom has an effect on the learning achievement of Fiqh students of class XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro. This research is a survey research with a quantitative approach. The data analysis technique used simple linear regression analysis. The research sample, namely students of class XI.2 IPA, totaling 31 students. The results showed that 1) Online learning with Google Classroom for class XI was quite adequate, 2) Fiqh learning achievement for class XI was quite adequate, 3) Online learning with Google Classroom had a negative effect on Fiqh learning achievement of class XI Madrasah Aliyah Abu Darrin Bojonegoro students.

Keywords


online learning, Google Classroom, achievement of Fiqh

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi 2010. Jakarta: Bumi Aksara.

_______. 2012. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Departemen Agama RI. 2011. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Bintang Indonesia.

Deviyanti, et.al. 2020. Pengembangan Media E-Learning Berbasis Google Classroom Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI di SMA Unggul Sakti Jambi, (Jurnal), Vol. 1 No. 1, Januari 2020.

Fathurrohman, Pupuh. Sutikno, M. Sobry. 2010. Strategi Belajar Mengajar, Melalui Penanaman Konsep Umum & Konsep Islami. Bandung: PT. Refika Aditama.

Handarini, Oktafia Ika. Wulandari, Siti Sri. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19, (Jurnal), Vol. 8 No. 3, 2020.

https://id.wikipedia.org/wiki/Peserta_didik, (Online), diakses 20 Januari 2020.

Iftakhar, Shampa. 2016. Google Classroom: What Works and How?, (Jurnal), Social Sciences, Vol. 3 tahun 2016.

Isman. 2016. Pembelajaran Media dalam Jaringan (Moda Jaringan), The Progressive and Fun Education Seminar.

Khairunnisa. 2015. Analisis Pemanfaatan Aplikasi Google Classroom Sebagai Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa, (Skripsi), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Medan.

Kusuma, Alam Budi. Astuti, Widi. 2019. Analisis Penerapan Media Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Aplikasi Google Classroom. (Jurnal), Vol. 1 No. 1, Desember 2019.

M. Romli. Syamsul, Asep. 2012. Jurnalistik Online: Panduan Praktis Mengelola Media Online. Bandung: Nuansa Cendekia.

Mulyani, Wiwi. 2017. Pengaruh Pembelajaran Berbasis E-Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum, (Skripsi), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Mutia, Intan. Leonard. 2013. Kajian Penerapan E-learning Dalam Proses Pembelajaran di Perguruan Tinggi, (Jurnal), Vol. 6 No. 2, 2013.

Nana, Sudjana. 2011. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nana, Sudjana. Rivai, Ahmad. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Nasution. 2010. Teknologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Nirfayanti. 2019. Pengaruh Media Pembelajaran Google Classroom Dalam Pembelajaran Analisis Real Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa, (Jurnal), Vol. 2 No. 1, Februari 2019.

Pangondian, Roman A. 2019. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS).

Permendikbud Nomor 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah.

Priyatno, Duwi. 2009. SPSS Untuk Analisis Korelasi, Regresi, dan Multivariate. Yogyakarta: Gava Media.

Sadikin, Ali. 2020. Pembelajaran di Tengah Wabah Covid-19, (Jurnal), Vol. 6 No. 2, 2020.

Sudibyo, Bambang. 2005. Peraturan Pemerintah RI Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (SNP). Jakarta: Cemerlang.

Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

_______. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta.

_______. 2017. Metode Penelitian Bisnis: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, Wiratna. 2012. SPSS untuk Paramedis. Yogyakarta: Gava Media.

Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Tim Prima Pena. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Edisi Terbaru. Surabaya: Gitamedia Press.

Wibowo, Agung Edy. 2012. Aplikasi Praktis SPSS Dalam Penelitian. Yogyakarta: Gava Media.

Yolandasari, Mega Berliana. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Kelas II A MI Unggulan Miftahul Huda Tumang Cepogo Boyolali Tahun Pelajaran 2019/2020, (Skripsi), Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v5i1.5352

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.