ANALISIS PEMEROLEHAN DAN PENGGUNAAN KOSAKATA BAHASA GAUL PADA PESERTA DIDIK SEKOLAH DASAR

ADI DARMA SURYA

Abstract


Penggunaan bahasa Indonesia di kalangan pelajar menjadi salah satu hal yang perlu dilestarikan untuk menjaga eksistensi bahasa Indonesia di era globalisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana pemerolehan dan penggunaan bahasa gaul pada peserta didik kelas tinggi sekolah dasar. Pada penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif dengan metode survei menggunakan 160 kosakata bahasa gaul dan sejumlah pertanyaan terkait dengan pemerolehan bahasa gaul. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar peserta didik kelas tinggi sekolah dasar memahami dan pernah menggunakan bahasa gaul dalam berkomunikasi. Bahasa gaul tersebut diperoleh paling banyak berasal dari internet dengan kecenderungan melakukan aktivitas seperti bermain game online, bermain sosial media, menonton film sinetron, menonton Youtube hingga bermain Tik Tok. Terdapat beberapa kosakata gaul yang lazim digunakan seperti , abal-abal, abis, aja, alay, ama, ambyar, anget, anjay, gajes, galau, garink, gimana, gini, gosah, halu, hedeh, nangkring, narsis, nih, ngabuburit, ngadi-ngadi, asoy, au ah gelap, bacod, bejibun, baper, bokap, boker, boong, cabut, capcus, cape, cekidot, cemen, cucok, cumumut, elu, fiks, katrok, kece, kepo, kuyy, laver, lelet, lemot, lola, mehong, omigot, OTW, seep, selow, sotoy, TTDJ, udah, ujan, unyu, Y, yha, yoi dan zzzz


Keywords


Pemerolehan dan Penggunaan Bahasa Gaul Sekolah Dasar

References


Arifin, E. Zaenal dan S. Amran Tasai. (2015). Bahasa Indonesia Sebagai Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian. Tanggerang: Pustaka Mandiri.

Arisandy, dkk. (2019). Eksistensi Bahasa Indonesia Pada Generasi Millenial di Era Industri 4.0. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Vol. 3, No, 2, hal. 247-251.

Franesti, Dita. (2021). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia yang Baku di Kalangan Pelajar. FKIP e-Proceeding, hal. 39-50.

Murti, S. (2015). Eksistensi Penggunaan Bahasa Indonesia Di Era Global. Prosiding Seminar Nasional Dalam Bulan Bahasa UNIB, hal. 177.

Mustadi, Ali, dkk. (2021). Filosofi, Teori dan Konsep Bahasa dan Sastra Indonesia Sekolah Dasar. Yogyakarta: UNY Press.

Nurhasanah, Nina. (2014). Pengaruh Bahasa Gaul Terhadap Bahasa Indonesia. Forum Ilmiah, Vol. 11, No. 1, hal.15-21.

Sari, Beta Puspa. (2015). Dampak Penggunaan Bahasa Gaul di Kalangan Remaja Terhadap Bahasa Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa UNIB, hal. 171-176.

Sujinah, dkk. (2018). Buku Ajar Bahasa Indonesia. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Suprapti, Diyan, dkk. 2021. Penggunaan Bahasa Gaul Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Vol. 8, No. 3, hal. 769-779.

Tarigan, H. (1985). Pengajaran Gaya Bahasa. Bandung: Penerbit Angkasa.

Yana, Arfi, dkk. (2018). Kosakata Bahasa Gaul Siswa Sekolah Dasar Kelas Tinggi. Jurnal Handayani. Vol. 9, No. 1, hal. 1-11.




DOI: https://doi.org/10.30743/bahastra.v7i1.5438

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Bahastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, FKIP - Universitas Islam Sumatera Utara
Kampus Induk UISU Jl. Sisingamangaraja XII Teladan, Medan
Email: prodipbsi@fkip.uisu.ac.id | bahastra@fkip.uisu.ac.id 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.